Untuk Memenangkan Perang Bisnis Pintar Saja Tidak Cukup


Jakarta.SNet- Persaingan dalam BISNIS tidak mungkin dihindari. Karena semua pengusaha pasti berusaha bagaimana cara memenangkan PERTARUNGAN usaha dan menjadi yang terdepan diantara para pesaing. Jadi siap tidak siap harus dihadapi jika ingin tetap bertahan dalam kerasnya tingkat kompetisi bisnis saat ini. Karena itu, sebagai seorang PEBISNIS, pintar saja tidak cukup, Anda harus CERDAS dalam membaca PELUANG pasar.

BISNIS adalah PERANG ‼ Maka, STRATEGI dan TAKTIK adalah KUNCI dalam upaya memenangkan PERTARUNGAN. Jadi strategi yang jitu adalah sangat penting di buat oleh perusahaan atau organisasi, karena perencanaan strategi dibuat secara matang oleh para top manajemen, lalu hasil rumusan strategi tersebut di laksanakan secara bersama-sama dan di sosialisasikan kepada seluruh jajaran manajemen dan staf  agar tujuan perusahaan dapat tercapai serta  visi dan misi dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif.

Sehubungan dengan hal itulah, Seseorang yang sedang menjalankan sebuah bisnis atau sebuah organisasi harus memiliki strategi bisnis yang baik, supaya apa yang dijalankannya bisa menghasilkan lebih banyak materi dan uang dalam jangka panjang.
Selain itu, pengelolaan bisnis yang baik juga bisa membantu sebuah perusahaan untuk tetap sehat walau sedang diterpa cobaan dari luar (krisis ekonomi global, misalnya).

KECERDASAN dalam berpikir menjadi kunci SUKSES bagi siapa pun yang ingin memulai ide bisnis tertentu. Ini akan membantu seseorang mencari perspektif yang berbeda dari sebuah ide bisnis. Namun demikian, mengingat semakin ketatnya persaingan, maka dalam  menyusun STRATEGI BISNIS tidak cukup hanya mengandalkan KEPINTARAN Intelektual belaka. Karena itu, Anda harus mampu mengkolaborasikan Kepintaran, KECERDASAN SPIRITUAL dan KEMATANGAN EMOSIONAL. Sehingga Anda bisa membaca KELEMAHAN Lawan dan MELIHAT Peluang lebih JELI dibandingkan PESAING. Untu itulah Anda memiliki KETAJAMAN NALAR yang SELARAS dengan KEPEKAAN BATIN yang BENING. Mereka itulah yang disebut Pebisnis Ulul Albab.

PEBISNIS ULUL ALBAB merupakan sosok pengusaha yang memiliki kedalaman spiritual (ZIKIR), intelektualitas yang mapan (FIKIR), kretatifitas dan karya yang positif (AMAL SHALEH). Sosok ulul albab meyakini bahwa dalam penciptaan alam semesta, Situasi dan Kondisi, Perubahan Kekuasaan dan Pemerintahan tersurat dan tersirat TANDA-TANDA atau PETUNJUK dari Allah. Sehingga mereka harus mampu membaca PELUANG yang dibalik PERISTIWA yang terjadi. Karena tak ada sia-sia dalam setiap KEJADIAN sesuatu.

Ada empat karakteristik PEBISNIS ULUL ALBAB: Pertama, pebisnis ulul albab senantiasa mengingat akan Allah Swt dalam segala keadaan dan aktivitas, Kedua, pebisnis ulul albab terus-menerus melaklukan riset dan penelitian ilmiah dalam mempelajari segala situasi yang terjadi di sekitarnya serta segala sesuatu yang menyertai peristiwa tersebut. Ketiga, dalam setiap akhir aktivitas bisnisnya selalu diperoleh kesimpulan akhir bahwa segala seuatu yang diciptakan Allah Swt tiada yang sia-sia, Keempat, pebisnis  ulul albab selalu yakin bahwa akan ada hari esok, oleh karena itu setelah melalukan perenungan, pemikiran dan penelitian selalu mensucikan Sang Pencipta seraya memohon supaya dihindarkan dari azab di hari kemudian jika selama melakukan aktivitas bisnisnya melalaikan kemahakuasaan Allah Swt atas segala ilmu pengetahuan yang dikembangkannya.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi ULUL ALBAB. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (Q.S. Ali Imran : 190-191).

# SNet - AZ

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius