Bupati Sutan Riska Instruksikan Layanan Rawat Jalan Dibuka Sampai Malam


Dharmasraya. SNet- Dalam rangka mengakomodir permintaan masyarakat agar Puskesmas di Kabupaten Dharmasraya buka sampai malam hari, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan minta agar layanan rawat jalan dibuka sampai malam. Instruksi ini disambut baik oleh Puskesmas di seluruh Dharmasraya, dan juga oleh masyarakat luas. 

Pelayanan rawat jalan untuk malam hari ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan dr. Rahmadian, akan sangat dibutuhkan oleh mereka yang bekerja di pabrik, mereka yang bekerja di kantor kantor dan para pelajar. Sebab, di pagi sampai siang hari mereka sulit meninggalkan pekerjaannya untuk sekedar mencari layanan kesehatan dirinya, oleh karena itu, mereka lebih cenderung untuk menencari layanan kesehatan malam hari. Dengan adanya layanan kesehatan Puskesmas sampai malam, tentu akan sangat menguntungkan mereka.

Untuk keperluan layanan kesehatan sampai malam hari, kata Rahmadian, pihaknya membutuhkan kehadiran dokter, perawat dan tenaga pendukung kesehatan lainnya. "Yang pasti dokter harus ada saat Puskesmas buka sampai malam," kata Rahmadian. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan mencoba mengakali bagaimana bisa menghadirkan dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya agar bisa bertugas sampai malam hari.

Menurut Rahmadian, untuk penambahan dokter dan tenaga pendukung kesehatan dapat dilakukan dengan cara memberikan insentif tambahan yang dihitung perjam. Atau bisa juga dengan mengangkat dokter kontrak BLUD. Dan juga bisa mengatur shif petugas yang ada. Dari berbagai alternatif ini, Rahmadian memberi saran agar Puskesmas mengontrak dokter baru saja.

"Kalau saya hitung hitung bisa koq. Selama ini kita memberikan insentif kepada dokter piket. Jumlah insentif tersebut sebetulnya bisa digunakan untuk kontrak dokter baru. Jadi tidak perlu ada tambahan biaya untuk tenaga kerja. Justeru yang perlu ada tambahan ini adalah biaya pendukung, seperti listrik air dan sebagainya," kata Rahmadian.

#SNet - Humas Dharmasraya

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius