Ribuan Warga Shalat Idul Adha di Halaman Kantor Bupati


Dharmasraya. (Sumbar). SNet- Bupati Sutan Riska Serukan Semangat Berkurban dan Mendoakan Warga Koto Tuo yang Tertimpa Musibah Sakit Massal

Idhul Adha di Kabupaten Dharmasraya demikian meriah. Shalat hari raya kurban itu tingkat Kabupaten Dharmasraya dipusatkan di halaman kantor bupati. Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wakil Bupati H. Amrizal Dt. Rajo Medan bersama keluarga masing masing hadir dan ikut bersama merayakan idhul adha bersama ribuan warga ibukota.

Bupati Sutan Riska dan Wabup Rajo Medan datang ke lokasi acara sekitar pukul 08.00 WIB dan kemudian mengambil shaf di depan. Diawali dengan Pengumpulan infaq dan sedekah oleh warga ibukota, kemudia. Prosesi idhul adha  dimulai dengan sambutan bupati, shalat dua rakaat, kotbah dan diakhiri dengan saling bersalaman. Berlangsung tertib dan khitmat dengan katib Syafrul Nalus, S.Ag., MA, dosen dari Universitas Islam Imam Bonjol Padang.

Dalam sambutannya, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan jumlah hewan kurban se Kabupaten Dharmasrsya sebanyak 1045 ekor. Jumlah tersebut masih sangat minim jika dibanding dengan  jumlah penduduk Dharmasraya. "Kalau dalam hitungan saya, jumlah kurban di Kabupaten Dharmasraya sebanyak 14 ribu ekor," kata bupati termuda di Indonesia.

Sesuai dengan pertumbuhan ekonomi daerah, maka ke depan jumlah kurban harus terus ditingkatkan. "Mulai besok coba kita sisihkan uang untuk korban. Kita bisa beli paket internet atau pulsa HP Rp 200 ribu sebulan. Tentu untuk kurban bisa lebih banyak dari itu. Sebagai pemimpin Dharmasraya, saya mengingatkan kepada kita semua," kata Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Di sisi lain, Bupati juga minta agar para jemaah shalat idhul adha untuk mendoakan agar derita warga Koto Tuo, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, yang saat ini tengah tertimpa musibah. Sebanyak 62 orang warga Nagari Siguntur itu menderita sakit massal yang diduga akibat keracunan. Kejadian berawal dari acara pengajian itu telah membawa korban nyawa dua orang. "Mari kita doakan agar meraka yang belum sembuh dan masih di rumah sakit agar segera sembuh dan bisa berkumlul bersama kekuarga," kata Bupati Sutan Riska dari atas mimbar.

Bupati juga minta agar jamaah shalat id untuk mendoakan jemaah haji Kabupaten Dharmasraya agar mereka dimudahkan dan diberikan kekuatan sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan baik, hingga mendapat haji mabrur. "Semoga jamaah haji Dharmasraya bisa menuaikan ibadahnya dengan baik dan bisa kembali ke tanah air dan berkumpul bersama keluarganya," tuluk bupati muda ini.

Usai acara shalat id, Bupati, Wabup, anggota Forkopimda, para kepala OPD dan para kepala bagian melaksanakan buka puasa arafah di teras kantor bupati. Setelah buka puasa, dilanjutkan dengsn penyembelihan hewan kurban. Bupati dan Wabup bersama keluarga melaksanakan kurban di Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung.

#AdF | Humas

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius