Goa Kalilawa Objek Wisata Alam Indarung


SUMBARNET.COM - Goa Kelelawar atau yang sangat familiar di sebutkan masyarakat sekitar yaitu Goa Kalilawa, berada di lereng perbukitan Indarung tepatnya berdampingan dengan pabrik PT Semen Padang.

"Akses menuju Goa Kalilawa itu cukup terjal dan menanjak, namun disajikan view alam Indarung yang cukup indah, menggunakan transportasi darat dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 3km dari jalan raya atau 500 meter dari pemukiman masyarakat," kata Nasrul Ilunk ketua Komunitas Rimba Indarung.

Aksebilitas sebagai berikut :
a. Jarak tempuh dari pusat Kota Padang adalah: ± 16 km.
b. Jarak tempuh dari Kota Solok: ± 45 km.
c. Jarak tempuh dari Danau Diatas dan Danau Dibawah: ± 35 km.
d. Jarak tempuh dari Danau Singkarak: ± 45 km.
c. Jarak tempuh dari Bandar Udara Internasional Minangkabau: ± 60 km.
d. Jarak tempuh dari Bukittinggi: ± 100 km.

"Menyusuri ke area dalam goa (perut goa), goa ini memiliki ruang dalam yang lumayan luas, di dalam goa ini kita disuguhkan ornamen khas goa yaitu stalakmit dan stalaktit. Stalakmit dan stalaktit ini mencuat tersebar dibeberapa sudut goa, dengan beraneka macam bentuk yang indah dan eksotis," ujar Nasrul di dampingi Sekretarisnya Adrizal.

Dinding - dinding goa dengan tekstur berongga-rongga juga tak mau kalah unjuk pamer keindahan. Secara fisik Goa ini merupakan Gua yang berair karena di dalamnya dialiri oleh beberapa aliran anak sungai dan dengan bentuk mulut Gua yang horizontal.

Menurut Nasrul gua ini tidak pernah banjir dan memiliki kawasan tadah hujan sekitar 50 m2. Hewan – hewan yang ditemukan di dalam gua adalah kelelawar,burung wallet, dan beberapa insecta, seperti sijuntu, kura kura hutan dan laba-laba. Dan ditemukan juga beberapa jamur yang belum bisa didentifikasi namanya.

Saat ini Goa Kalilawa Padayo Indarung di kelola oleh Komunitas Rimba Indarung bersama lembaga yang ada di Kelurahan Indarung, dalam master plannya lokasi ini akan di jadikan Ikon Kelurahan Indarung.

Nasrul menyebut, "agar para wistawan dapat menikmati pemandangan di sekitar Goa Kalilawa dengan lebih leluasa, lembaga setempat berencana akan membantu membangun beberapa sarana pendukungnya, seperti lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga, area parkir yang luas, taman-taman bermain yang bersih dan luas, warung makan dan jajanan, area Camping Ground."

"Fasilitas itu akan membuat kawasan Goa Kalilawa ini menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat kota Padang dan sekitarnya, tentunya ini menjadi perhatian kita bersama agar objek wisata ini lebih di kenal oleh masyarakat luas," ungkap Nasrul ILunk.

Adrizal Tanjung menambahkan, "sebelumnya Komunitas Rimba Indarung di bantu oleh CSR Semen Padang melalui Forum Nagari Kelurahan Indarung  untuk pembenahan akses menuju Goa Kalilawa, Gapura dan pembersihan lokasi Goa.

Adrizal berharap untuk kedepannya tentunya kita perlu support dari instansi terkait untuk pengembangan lokasi Objek Wisata Goa Kalilawa ini.

#red |KRI

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius