Menunggu Kiprah Alirman Sori di Senayan


SUMBARNET.COM - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dr. H. Alirman Sori, SH, M. Hum telah resmi memulai tugas, Selasa (1 Oktober 2019). Senator asal Sumatera Barat itu mengucapkan sumpah sebagai anggota DPD RI bersama 135 orang lainnya di bawah panduan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Sebagai satu dari empat anggota DPD yang mewakili Sumatera Barat, Alirman Sori tentunya memiliki beban tanggung jawab besar dalam memperjuangkan aspirasi daerah. Tanggung jawab itu secara otomatis harus dipikulnya ketika sudah terpilih. Karena ketika mencalonkan diri, sudah pasti menyadari tugas dan fungsi lembaga DPD.

Meskipun bukan orang baru di lembaga DPD, masyarakat perlu mengingatkan kembali agar tidak terlena. Alirman Sori pernah menjadi anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat pada periode 2009 – 2014. Selama duduk di DPD, Alirman Sori memimpin Komite I, yang membidangi lingkup tugas pada otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah serta pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah.

Pada periode 2014-2019, mantan wartawan Singgalang ini mencalonkan diri untuk kedua kali namun tidak terpilih. Meski demikian, MPR RI membutuhkan tenaga dan pikirannya. Alirman Sori ditunjuk menjadi anggota Lembaga Pengkajian MPR dan merupakan satu-satunya putera Sumatera Barat dari 60 orang anggota lembaga tersebut.

Masuk kembali ke DPD RI untuk lima tahun ke depan, masyarakat Sumatera Barat menumpangkan harapan kepada para wakil rakyat yang terpilih untuk duduk di Senayan. Baik anggota DPD maupun anggota DPR. Jumlah anggota DPR dari Sumatera Barat adalah 14 orang dan anggota DPD 4 orang.

Pengurus pusat organisasi perantau Pesisir Selatan, Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS – dulu IKPS) Doni Harsiva Yandra mengungkapkan beberapa harapan. Sebagai generasi muda, Doni berharap Alirman Sori dapat menjadi pendorong kemajuan daerah sesuai kewenangan DPD sebagai lembaga perwakilan daerah.

“Kami ucapkan selamat bertugas kepada kakanda Alirman Sori sebagai anggota DPD. Harapan kami sebagai generasi muda, semoga beliau dapat memperjuangkan kemajuan pembangunan daerah sesuai dengan lingkup tupoksi DPD sebagai lembaga perwakilan daerah di Pusat,” kata Doni, Rabu (2/10/2019).

Dia berpendapat, sebagai daerah dengan pendapatan daerah yang relatif kecil, Sumatera Barat membutuhkan jaringan. Agar akselerasi pembangunan dapat dipacu, dibutuhkan terobosan jaringan ke nasional. Sehingga pembangunan baik di bidang infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia dapat digerakkan lebih cepat lagi.

“Sebagai orang yang telah berpengalaman di DPD, tumbuh dari lingkungan aktivis sosial kemasyarakatan, saya yakin dan percaya, Alirman Sori dapat mengemban amanah itu dengan baik,” tegasnya.

Bakri Bakar, salah seorang tokoh masyarakat Pesisir Selatan mengungkapkan saran dan harapan kepada anggota DPR dan DPD daerah pemilihan Sumatera Barat. Dia mengingatkan, Sumatera Barat masih membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pusat.

“Sumatera Barat masih membutuhkan banyak dukungan untuk mewujudkan kemajuan. Tentunya, harapan masyarakat dan pemerintah daerah, anggota legislatif dan DPD yang duduk di pusat dapat memperjuangkan dukungan tersebut,” sebutnya, Rabu (2/10/2019).

Dia menyebutkan, Sumatera Barat membutuhkan sokongan untuk aspek – aspek strategis seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan sebagainya. Aspek strategis tersebut tidak akan bisa dipacu kalau hanya mengandalkan anggaran provinsi dan kabupaten/ kota.

“Harus ada campur tangan pemerintah pusat karena anggaran daerah belum mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan,” ungkap anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari daerah pemilihan Pesisir Selatan dan Mentawai ini.

Oleh sebab itu, lanjutnya, anggota DPR dan DPD yang mewakili Sumatera Barat harus mampu memperjuangkannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Bagaimana agar Sumatera Barat mendapatkan alokasi lebih besar lagi dari pemerintah pusat dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangunan tersebut.

“Ini yang kita tunggu kiprahnya dari anggota DPD dan DPR yang sekarang. Bagaimana berjuang lebih keras dalam mendapatkan jatah program pembangunan lebih besar lagi ke depan,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Alirman Sori menyatakan kesiapan mengemban amanah yang disuarakan oleh masyarakat Sumatera Barat sesuai kewenangan DPD secara kelembagaan. Dia mengakui, Sumatera Barat memang masih membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pusat, karena anggaran daerah yang minim belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan.

Menurutnya, potensi Sumatera Barat sangat besar di berbagai sektor. Baik pertanian, perikanan, perkebunan dan sumber daya alam pariwisata. Potensi itu bisa tergarap maksimal jika didukung oleh anggaran yang memdai dan sumber daya manusia yang handal.

“Salah satu indikator kemajuan daerah adalah tergarapnya potensi daerah secara maksimal sehingga meningkatkan pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat. Penggarapan potensi ini tentu harus didorong oleh penganggaran yang cukup dan pengelolaan yang optimal,” sebutnya.

Dia berharap dukungan dari masyarakat dan pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota agar pelaksanaan tugasnya sebagai anggota perwakilan daerah dapat berjalan maksimal. Dia akan menerima setiap masukan dan saran serta aspirasi yang disampaikan untuk diperjuangkan sesuai kewenangan yang dimiliki. Agar aspirasi daerah dapat diperjuangkan dengan baik, dia akan membangun komunikasi dengan anggota DPD lainnya serta wakil rakyat Sumatera Barat di DPR.

Empat orang anggota DPD RI dari Sumatera Barat adalah Hj. Emma Yohana, H. Muslim M Yatim, Lc, Dr. H. Alirman Sori, SH, M. Hum, MM dan H. Leonardy Harmainy Datuak Bandaro Basa. Sementara 14 orang anggota DPR RI asal Sumatera Barat berasal dari daerah pemilihan I sebanyak 8 orang dan daerah pemilihan II sebanyak 6 orang.

Delapan anggota DPR RI dapil Sumbar I adalah Andre Rosiade, Darizal Basir, Suir Syam, Hermanto, Darul Siska, Lisda Hendrajoni, Athari Gauti Ardi dan M. Asli Chaidir. Sedangkan di dapil II ada Guspardi Gaus, Mulyadi, Ade Rizky Pratama, Nevi Zuairina, John Kenedy Aziz danMuhammad Iqbal.

#AdF | Alirmansori.com

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius