Alirmansori Tegaskan Negara Wajib Jamin Kesehatan Warga


SUMBARNET.COM - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Alirman Sori menegaskan, negara wajib menjamin hak warga negara mendapatkan pelayanan kesehatan. Ketentuan itu sudah diatur dalam Undang -Undang Dasar (UUD) 1945 dan pembatasan terhadap hak dasar tersebut adalah pelanggaran terhadap konstitusi.

Hal itu ditegaskan Alirman Sori, terkait rencana pemerintah menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Tidak sekedar menaikkan, tetapi rencananya juga akan diiringi sanksi tidak bisa mendapatkan akses pelayanan administrasi lainnya jika menunggak iuran BPJS.

“Pelayanan kesehatan merupakan hak dasar warga negara yang wajib dijamin oleh negara. Sudah diatur dalam UUD 1945,” tegas Alirman Sori.

Dia menyebutkan, hak warga negara dalam UUD 1945 antara lain mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Ketika itu tidak dilaksanakan oleh pemerintah, maka tujuan bernegara yang diamanatkan UUD 1945 telah dilanggar.

Senator asal Sumatera Barat ini meminta pemerintah meninjau ulang rencana menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Sekaligus mengingatkan agar pemerintah tidak menghilangkan hak dasar warga negara mendapatkan pelayanan dari negara hanya karena alasan tidak membayar iuran BPJS.

Dia mengaui, dalam kehidupan bernegara, rakyat juga memiliki sejumlah kewajiban. Seperti membayar pajak untuk digunakan untuk membiayai program pemerintah. Namun pada prinsipnya, negara harus menjamin hak dasar rakyat sesuai dengan yang diamanahkan UUD 1945 sebagai landasan konstitusi tertinggi di Indonesia.

#red

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius