Komisi I Sorot Efektifitas dan Efisiensi Anggaran OPD


SUMBARNET.COM - Efektifitas dan efisiensi anggaran pada sejumlah Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di sorot Komisi I DPRD Provinsi Sumbar pada rapat dengar pendapat yang dihadiri Asisten I Pemprov Sumatera Barat sebagai mitra kerja, pada Kamis (14/11).

"Efisiensi anggaran harus dilakukan mengingat tahun 2020 Sumatera Barat membutuhkan anggaran besar untuk sejumlah kegiatan berskala besar atau nasional. Diantara agenda penting yang membutuhkan anggaran besar pada tahun 2020 antara lain pemilihan kepala daerah (pilkada), MTQ tingkat nasional dan lainnya," kata Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri.

"Anggaran OPD harus dicermati secara seksama dalam rangka memenuhi kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan event besar tersebut," jelasnya.

Syamsul Bahri menegaskan, harus ada inovasi program agar manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat, OPD jangan hanya "copy - paste" sehingga program kegiatan selalu sama setiap tahun.

"Program kegiatan yang dianggarkan dalam APBD harus benar-benar prioritas. OPD juga harus berinovasi jangan hanya "copy - paste" program tahun lalu," tegasnya.

Komisi I akan menelaah satu per satu program kegiatan mitra kerja terkait guna melakukan efisiensi anggaran dan pembiayaan kegiatan yang efektif.

Rapat dengar pendapat Komisi I dengan OPD terkait tersebut adalah dalam rangka pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020.

Pendapatan daerah diproyeksikan sekitar Rp6,4 triliun pada komposisi RAPBD Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, sedang belanja daerah diperkirakan akan mencapai Rp6,6 triliun lebi. Sementara itu, beban anggaran untuk kegiatan berskala nasional seperti tuan rumah MTQ nasional 2020, Pilkada dan lainnya diperkirakan mencapai Rp350 miliar.

#red

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius