Sutan Riska : Menyiapkan Generasi Muda Dharmasraya yang Religi


SUMBARNET.COM - Belakangan hubungan antara Bupati Sutan Riska dan para santri se Kabupaten Dharmasraya makin karib saja. Belum lama ini, bupati yang punya hubungan erat dengan kalangan istana itu tampak menggelar peringatan hari santri di halaman kantor bupati. Suatu pemandangan yang jarang terjadi di daerah lain dimana peringatan hari santri digelar di halaman kantor bupati yang notabene simbul terhormat bagi sebuah daerah.

Tidak banyak daerah yang melakukan hal demikian. Jika kemudian Kabupaten Dharmasraya melaksanakan peringatan hari santri di halaman kantor bupati, maka dapat diterjemahkan betapa pemerintahan setempat memang punya hubungan spesial dengan kalangan pesantren. Dan prediksi itu tidaklah berlebihan, sebab Bupati Sutan Riska tampak memang punya hubungan kuat dengsn kalangan pesantren.

Buktinya, beberapa hari setelah menggelar hari santri, bupati yang pernah dianugerahi satya lencana pembangunan oleh presiden itu kembali menggelar acara dengan kalangan santri. Orang nomor wahid di Kabupaten Dharmasraya itu melakukan peletakan batu pertama pembangunan sebuah pesantren di Abai Siat, Kecamatan Koto Besar.

Sepekan setelah itu, Bupati tampak hadir dalam acara tabligh yang digelar oleh kaum remaja Islam di masjid Ihlas di komplek kantor Camat Koto Baru. "Kami sering mendampingi Pak Bupati menghadiri acara di pesantren," ujar Kakan Kemenag Kabupaten Dharmasraya, H. Abdel Haq. Dari rangkaian kegiatan yang digelar bersama para santri, sudah cukup kiranya mendiskripsikan bahwa Bupati Sutan Riska memang punya kedekatan khusus dengan santri.

Bupati Sutan Riska sendiri tidak menampik hal itu. Menurutnya, membangun kedekatan dengan santri dan pondok pesantren merupakan sebuah keharusan. Pasalnya, dalam misi bupati terdapat komponen untuk meningkatkan iman dan taqwa di kalangan masyarakat. Selain itu, bupati juga punya misi untuk membangun generasi muda agar lebih religius.

"Bukankah ini merupakan wujud dari pelaksanaan misi bupati terkait pembinaan generasi muda yang religi dan juga pelaksanaan dari misi saya dalam meningkatkan iman dan taqwa masyarakat. Melalui pendidikan pesantren ini saya menumpangkan harapan agar generasi muda Dhamasraya di masa depan punya bekal moral agama yang baik, sehingga mereka bisa menjadi anggota masyarakat yang religius dan penuh kedamaian," terang bupati.

#AdF | humas

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius