Taufik Syahrial Angkat Bicara Soal Tanah Ulayat CV Tahiti Coal


SUMBARNET.COM - Penyataan ketua KAN Sijantan Adi Muaris mengenai tanah ulayat tambang batu bara CV Tahiti Coal ditanggapi Taufik Syahrial anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumbar.

Pria yang akrab dipanggil Tarjok itu berang karena Adi Muaris menyampaikan bahwa kegiatan operasi produksi tambang bawah tanah CV Tahiti Coal di Dusun Sibanta, Desa Sikalang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto berada dalam kawasan tanah ulayat Nagari Sijantang, hal ini disampaikan Adi Muaris ketika Komisi IV DPRD Sumbar meninjau lokasi tambang CV Tahiti beberapa waktu lalu.

Tarjok menilai pernyataan Adi Muaris itu sebagai bentuk intervensi kepada masyarakat. "Seharusnya mak Adi Muaris bijaksana menyikapi persoalan ini agar mendapatkan solusi yang terbaik," ujarnya.

"Ini tidak ada menyangkut persoalan tanah ulayat, jadi saya minta mamak Adi Muaris jangan banyak bicara diluar konteks," kata Tarjok pada Kamis (14/11).

Sebelumnya Adi Muaris juga menyampaikan bahwa pemberian izin lokasi pertambangan kepada CV Tahiti di tanah ulayat sudah mendapatkan persetujuan dari niniak mamak Nagari Sijantang. Ia menghimbau agar semua pihak tidak mempermasalahkan dan menarik diri untuk dibicarakan kembali dengan niniak mamak.

Tarjok menjelaskan, Komisi IV DPRD Provinsi Sumbar turun ke lokasi tambang CV Tahiti Coal itu atas dasar laporan masyarakat Desa Sikalang melalui LSM Walhi yang menduga aktifitas tambang tersebut diluar izin.

"Dalam hal ini tidak ada membahas tanah ulayat, jadi mak Adi Muaris tolong hentikan bicara tanah ulayat," tegas Ketua Nasdem Kota Sawahlunto itu.

#red

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius