Bupati Sutan Riska ke Sentra IKM Logam di Gunung Medan


SUMBARNET.COM - Sebagai sentra produksi pertanian, wajar saja Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan berfikir bagaimana  bisa kebutuhan alat alat pertanian ini bisa dipenuhi secara internal. Jawabannya adalah mendiriksn pusat industri kerajinan masyarakat (IKM Logam). Dan kini keberadaan sentra IKM Logam di Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung hampir rampung. Diharapkan keberadaannya dapat menggarap peluang pasar industri alat dan mesin pertanian.

"Nanti kalau pabrik ini selesai dibangun, sabit, cangkul, suku cadang alat dan mesn bertanian bisa dihasilkan di sini," kata Bupati Dharmasraya  Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Menurutnya, selain bisa memproduksi alat dan mesin pertanian, sentra IKM Logam ini bisa menjadi pusat pembuatan kerajinan dan hiasan dari perak dan bahkan dari emas.

Bupati pemegang empat satya lencana itu lebih jauh menjelaskan, sentra IKM Logam itu dibangun atas dukungan Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Melalui Kementerian Perindustrian, Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran bernilai miliaran rupiah dalam beberapa tahun terakhir. Dan kucuran dana itu ditampung di sentra IKM Logam yang berlokssi di Gunung Medan. "Saya berharap komplek ini selesai sesuai jadwal. Jangan sampai molor, karena masyarakat mengharapkan segera beroperasi untuk menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi," kata Sutan Riska yang baru saja dianugerahi sebagai 15 sosok berpengaruh di Sumbar dalam keterbukaan informasi publik ini.

Dalam kunjungan kerja Sabtu (7/12/19) Bupati pilihan rakyat itu berjanji akan terus mendorong tumbuhnya produksi aneka peralatan yang terbuat dari logam dan juga perhiasan dan barang kersjinan. Sebab, produk produk tersebut kini punya pangsa pasar yang besar. Dengan demikian prospek usahanya sangat cerah. "Saya kira ini akan menjadi bisnis yang sangat menarik bagi masyarakat. Karena itu kita harus dorong rakyat untuk ambil peran disini," kata Sutan Riska.

Selain itu, keberadaan sentra IKM Logam ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja lokal yang terampil. Lantaran menjadi sentra penghasil peralatan yang terbuat dsri logam, maka akan dibutuhksan seniman seniman dan pekerja pendukung. Dengan begitu, masyarakat sekitar sudah harus bersiap menambah keterampilan terkait dengan industri logam. Jika tidak maka akan datang pekerja luar daerah untuk mengisi kebutuhan lapangan kerja di sentra IIM Logam ini.

Selan itu, Sentra IKM Logam itu diharapkan juga mendukung pengembangan pariwisata Kabupaten Dharmasraya. Dengan menghasilkan bahan dan barang kerajinan, maka wisatawan yang datang ke Kabupaten Dharmasraya bisa berburu sauvenir di Gunung Medan. "Saya kira ini menjadi harapan kita bersama," kata Bupati Sutan Riska.

#AdF | humas

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius