Genius Umar Maju Membawa Konsep Pariwisata, Iqbal Alan: Sudah Benar dan Tepat Sekali


SUMBARNESIA.COM - Praktisi pariwisata nasional Iqbal Dr. Alan Abdullah, CMMC menilai pernyataan calon Wakil Gubernur Sumbar Dr Genius Umar akan menggerakan sektor pariwisata jika terpilih nanti sudah tepat dan benar.

"Saya nilai tepat apa yang dikatakan Genius Umar akan memulai tugasnya sebagai Wagub apabila terpilih nanti dengan menggerakan sektor pariwisata. Sebab memang sektor ini paling menjanjikan bagi Sumbar mendatang," kata Chairman Royalindo Grup  di Jakarta, Sabtu (25/1/2020).

Menurut pengusaha pameran nasional dan internasional asal Padang Pariaman ini, industri pariwisata itu basisnya adalah keunikan satu daerah. Bagi daerah yang memiliki banyak keunikan sudah dipastikan industri pariwisatanya akan berkembang.

Hal unik itu, kata Iqbal, juga terdapat di Sumatra Barat yang memiliki budaya yang sangat kuat. Potensi ini bisa dikemas menjadi aset pariwisata dengan cara mengemasnya dalam bentuk cara berpakaian.

Misalnya, jelas Iqbal, jika turis mau main ke pantai mereka diperkenalkan dengan pakaian ala Minang yang sopan. Begitu juga saat mereka pergi ke pasar diperkenalkan dengan pakaian sopan ala Minang.

"Termasuk pada saat mereka mengikuti iven keagamaan mereka bisa kenalkan pakaian bernuansa Islam. Saya pastikan mereka akan senang," kata Iqbal.

Meski, tambah Iqbal, semua potensi itu juga harus didukung dengan pengembangan objek wisata, sarana transportasi, akomodasi dan lainnya yang diperlukan dalam pengembangan sektor pariwisata.

Dalam kaitan ini, tukuk Iqbal, komitmen Genius Umar yang akan memprioritaskan sektor pariwisata akan memberikan efek positif terhadap perhatian dan komitmen bagus juga dari pelaku pariwisata.

"Sebab kebijakan pemerintah amat menentukan arah dan komitmen pemain industri pariwisata nantinya. Dengan sikap Genius seperti ini maka sudah dapat dipastikan teman teman di sektor pariwisata akan bergairah mengembangkan sektor ini ke depannya," ujar Iqbal.

Terbuka Dikritik

Komitmen dan keberpihakan Genius Umar dalam bidang pariwisata, lanjut Iqbal, harus diikuti dengan sikap keterbukaab atas kritik. Sebab dunia pariwisata itu melingkupi banyak pihak dan banyak aspek. Sebab itu akan banyak sekali koreksian atas kondisi dan situasi yang terkait dengan pengembangan pariwisata.

"Oleh sebab itu pak Genius sejak dari awal harus mempersiapkan dirinya menerima kritikan dari pelaku pariwisata. Jika pak Genius siap. Saya yakin industri pariwisata Sumbar akan bangkit kembali jika dia terpiliha," papar Iqbal.

Sebagai praktisi pariwisata, Iqbal Alan mengakui bahwa Genius memang "genius" mengembangkan sektor pariwisata. Hal itu bisa dilihat dari perkembangan objek dan fasilitas wisata di kota Pariaman saat ini.

Iqbal berharap Genius dan Fakhrizal bisa memenangkan pemilihan Gubernur Sumbar September 2020 mendatang sehingga bisa mewujudkan gagasan segarnya mengembangkan sektor pariwisata Sumbar. (AdF/Nov)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius