Kapal China Keluar ZEE RI Usai Jokowi Kunjungi Natuna


SUMBARNET.COM - Presiden Jokowi saat di Puslabuh TNI AL di Selat Lampa, Kawasan kepulauan Natuna. Foto: Presidential Palace/Agus Suprapto

Presiden Jokowi mengunjungi kepulauan Natuna, pada Rabu (8/1). Kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini tampaknya memberi efek bagi kapal ikan asing asal China yang merangsek masuk ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Natuna.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Sisriadi, mengungkapkan berdasarkan pantauan udara, kapal-kapal tersebut mulai keluar dari perairan Natuna.

"Berdasarkan pengamatan dari TNI AU melalui pengintaian udara, mereka, artinya kapal-kapal China yang waktu itu melakukan ilegal fishing, mereka sudah keluar dari ZEE kita pasca-kunjungan Bapak Presiden ke Natuna," kata Sisriadi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1).

Menurutnya, kehadiran Jokowi memberi pesan kuat terhadap negeri Tirai Bambu itu. Pesan tersebut ditangkap dengan baik oleh China.

"Saya kira itu dibaca dengan cermat oleh Beijing (China) dan kapal-kapal nelayan yang diback up oleh kapal Coast Guard mereka dalam hal ini kapal pemerintah, sudah meninggalkan ZEE," kata Sisriadi.

Kendati demikian, TNI masih mengencangkan kekuatan di Natuna. Operasi laut dan udara pun lebih diintensifkan.

Dalam sehari, TNI mengupayakan satu sampai dua flight. Satu flight berisi 4 pesawat tempur TNI AU.

Sementara untuk operasi laut, delapan KRI TNI AL sudah berada di Natuna untuk mendukung operasi tersebut. Formasi tempur ini akan tetap berada di Natuna hingga situasi normal.

"Nanti kalau memang sudah benar-benar clear, maka fokus akan kembali kita ke secara keseluruhan," tutup Sisriadi.

(Source: kumparan.com)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius