Wartawan Gadungan Peras Pemilik Bengkel


SUMBARNET.COM - Satu orang wartawan gadungan berinisial FS (52) berhasil diamankan jajaran Polsek Meral Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, karena memeras seorang pengusaha bengkel dengan meminta sejumlah uang secara berulang kali.

FS di tangkap pada Rabu (15/1) setelah korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Menurut keterangan korban, pelaku kerap memaksa meminta sejumlah uang dengan alasan sebagai wartawan.

"Bengkel korban sering di datangi FS, melalui rekaman CCTv dapat kita lihat FS memaksa pelapor untuk memberikan sejumlah uang,"ujar Kapolsek Meral, AKP Doddy Santoso Putra, Rabu (22/1).

Adapun nominal uang yang diterima pelaku bervariasi, kadang Rp300 ribu, Rp200 ribu dan Rp100 ribu. Uang tersebut digunakan pelaku untuk berfoya - foya.

Dari hasil rekaman CCTv, pelaku terlihat marah dan memaksa korban memberikan sejumlah uang sesuai nominal yang diinginkan pelaku. Bahkan, pelaku juga melakukan aksi pengancaman terhadap anak dan istri korban.

"Di CCTv terlihat jelas, pelaku ini marah-marah dan memaksa korban memberikan sejumlah uang, hingga ada aksi pengancaman disana,"ungkapnya.

Selain itu, menurut hasil penyelidikan pelaku juga kerap meminta sejumlah uang di beberapa lokasi lainnya yang ada di kawasan Meral, Karimun.

"Dari penyelidikan ada beberapa tempat yang mengalami hal yang sama, meminta uang juga, kami juga masih kembangkan dan memintai keterangan para saksi,"jelasnya.

AKP Doddy juga menegaskan, pihaknya akan melakukan penegakan hukum terhadap oknum pelaku pemerasan yang dapat meresahkan masyarakat.

"Kita ini dalam negara hukum, kemudian tindakan premanisme dan yang tidak sesuai UU harus kita tindak tegas,"tegasnya.

Dalam kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti diantaranya satu lembar kwitansi nomor 32 bertuliskan nominal Rp300 ribu, satu buah stempel basah warna biru dan satu unit CCTv yang merekam aksi pelaku.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 368 ayat 1 Jo pasal 64 ayat 1 tentang Pemerasan dan Pengancaman dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.(**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius