M Fikar Ajak Jaga Hubungan Baik Antar Sesama


SUMBARNET.COM - M Fikar Datuk Rajo Magek memberikan ceramah dalam Tabligh Akbar yang gelar warga Kompleks PGRI, RT.3/RW III di Mushalla Baitur Rahim, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (08/02/2020) Malam.

Dalam ceramahnya M Fikar Dt. Rajo Magek, S.Ag, MM, M.Pd menyampaikan, Islam bukanlah agama yang memerintahkan hanya sekedar beribadah saja kepada Allah tanpa memikirkan kehidupan dunia dan menjaga hubungan baik sesama muslim. Namun sebaliknya menjaga hubungan baik sesama manusia serta hubungan sesama makhluk sosial lainnya.

Setiap ibadah yang diperintahkan Allah SWT tentunya bertujuan untuk meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal secara seimbang. Hubungan vertikal yaitu hubungan ubudiyah kita kepada Allah SWT (Hablumminallah). Sedangkan hubungan horizontal adalah hubungan muamalah kita kepada sesama muslim dan makhluk Allah lainnya (Hablumminannas).

Bahkan, salah satu karakteristik utama masyarakat Islam di masa Rasulullah SAW adalah adanya iman dan taqwa yang kuat kepada Allah SWT, itu sejalan dan berbanding lurus dengan terciptanya ukhuwah Islamiyah dengan sesama muslim sehingga lahirnya persatuan umat Islam yang kuat, tuturnya.

Oleh karena itu, M Fikar juga mengingatkan kepada kita betapa pentingnya sholat 5 waktu yang selalu di kerjakan, karena dengan melaksanakan sholat 5 waktu. Kita senantiasa terlindungi dari Hal - hal negatif dan Allah SWT selalu menaungi serta sebagai pintu amal.

Berkaitan dengan itu, mengutip dari salah satu hadits yang diriwayatkan oleh At - Thoyalis dari Ubadah Ibn Shomith. Apabila ada seseorang berupaya memperbaiki sholatnya, menyempurnakan ruku’nya dan menyempurnakan sujudnya, maka sholat itu akan mendo’akan kepada orang tersebut.

“Semoga Allah menjaganya sebagaimana ia menjaga sholatnya”. Dan apabila ada seseorang yang tidak mau memperbaiki sholatnya, tidak menyempurnakan ruku dan sujudnya, maka sholat itu akan mendo’akan, “Semoga Allah senantiasa membiarkanmu/mengabaikanmu”, tuturnya.

Betapa pentingnya sholat bagi kita, sehingga ketika menyempurnakan sholat. Maka kebaikanlah yang akan selalu kita dapatkan. Namun ketika kita meninggalkan sholat, maka keburukan dan adzab Allah akan menanti baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

Hadits di atas menunjukkan kepada kita betapa pentingnya hubungan kita sebagai manusia dengan Sang Pencipta Allah Azza Wajalla (Hablumminallah). Karena apa yang lakukan dan apa yang kerjakan di dunia ini tidak lain dan tidak bukan melainkan untuk bekal kembali menghadap kepadanya.

Disamping kita harus menjaga hubungan kepada Allah SWT, perlu juga menjaga hubungan terhadap sesama manusia (Hablumminannas), sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Ibnu Asa’akir dari Zaid Ibn Arqom:

“Ketika keluar salah satu dari kalian untuk bepergian, maka hendaklah ia berpamitan dan meminta do’a kepada saudaranya. Karena Allah SWT menjadikan do’a (dari saudaranya tersebut) itu menjadi sebuah berkah”.

Berkaitan dengan hadits ini, sebagai manusia kita perlu menjaga hubungan antara sesama manusia dan tidak memutus tali silaturrahmi antar sesama umat manusia.

Ini berkaitan pula dengan pekerjaan kita sebagai abdi negara, sesuai dengan peraturan yang ada, bahwasannya sebagai pegawai yang baik hedaknya meminta izin kepada atasan kita ketika kita akan melakukan kegiatan di luar kantor. Karena dengan ini lah keberkahan yang dikatakan dalam hadits diatas akan menaungi kita kemanapun dan dimanapun kita berada, katanya.

Selain itu, M Fikar juga mengatakan, hal ini serupa dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ad - Dailany dari Ibn Abbas yang berbunyi, "ada 4 do’a yang akan senantiasa di ijabah oleh Allah SWT:

1. Do’a orang yang pergi haji.

2. Do’a orang yang berperang (Jihad Fi Sabilillah) sampai mereka kembali.

3. Do’a orang sakit sampai ia sembuh (orang teraniaya)

4. Do’a seseorang kepada saudaranya ketika saudaranya tidak ada/bepergian.

Dari hadits di atas, kita dapat menarik kesimpulan betapa berharganya hubungan antara sesama manusia, karena hanya dengan mendo’akan keselamatan saudara kita dalam keadaan apapun maka keberkahan dan keselamatan akan bersama kita baik di dunia dan kelak di akhirat nanti (Insya Allah), ujarnya.

Sementara itu, Dedi Azhari Malin Sampono juga menyampaikan pesan yang intinya adalah kita harus senantiasa menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT baik itu ibadah mahdzoh maupun ghoir Mahdzoh dan tidak lupa selalu menjaga hubungan baik antara sesama manusia.

Oleh karena itu, hubungan antar sesama manusia sangatlah penting, dimana kita berkaitan langsung dengan para pencari keadilan jadi sebisa mungkin apa yang telah diuraikan dari M Fikal Dt Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd bisa kita jalankan dan amalkan untuk kedepan lebih baik dan lebih bermakna, pangkasnya.(rel)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius