M Fikar Datuk Rajo Magek Hadiri Pagelaran Urak Balabek


SUMBARNET.COM - Urak Balabek merupakan tradisi malewakan guru silek atau biasa disebut tuo silek, hal ini digelar oleh Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji pada Kamis (27/2) bertempat di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Kuranji.

Pagelaran itu dihadiri oleh M Fikar Datuk Rajo Magek Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari Kuranji beserta rombongan, tampak juga Irwan Basir Datuk Rajo Alam, Evi Yandri Rajo Budiman dan tokoh adat dan Nagari Pauh IX beserta Hendra Septa Wakil Walikota Padang.

Sebelum pagelaran dimulai, pada siangnya para guru silek tersebut diarak mulai dari kantor KAN Pauh V menuju kantor KAN Pauh IX dengan menggunakan bendi.

"Urak Balabek ini merupakan tradisi adat yang sudah ada sejak turun temurun, merupakan bagian dari pelestarian Nilai - nilai adat dan budaya si Ampek Baleh," kata M Fikar.

Dengan adanya tapian makanya harus ada sasaran. Sasaran inilah sebagai wadah latihan beladiri silek dan diisi kegaiatan anak nagari ke arah posisitf.

M. Fikar Datuk Rajo Magek menyebut, "urak balabek tempatnya mereka di dahulukan selangkah, ditinggikan sarantiang dan dalam pengakuan guru tuo silek yang profesional dalam hal pengakuan dirinya terhadap sasaran tapian-tapian yang ada. Maka dari itu, kami sangat mendukung dan mengapresiasi acara urak balabek ini," sebutnya.

M Fikar berharap, "dengan diadakannya kegiatan urak balabek ini, seluruh generasi muda nagari bisa belajar banyak dan menjauhkan dari hal - hal negatif. Tentunya dengan dukungan oleh semua pihak, baik masyarakat nagari maupun pemerintahan Kota Padang sendiri, harapnya.(AdF)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius