Menjelajahi Negeri 1001 Air Terjun


SUMBARNET.COM - Julukan Way Kanan Lampung merupakan kawasan negeri 1001 air terjun karena dibalik bukit dan jurangnya, terbentang kekayaan alam dengan cerita legenda kisah Putri Bidadari indah tersembunyi.

Dinginnya udara pagi dipuncak bukit pungur, bukit tertinggi di Way Kanan Lampung, perlahan terganti dengan terbitnya sinar matahari pagi.

Diatas tebing penyengat, deretan lembah berbaris indah dikaki bukit pungur.

Badan bukit pungur, menjadi surga bagi para pencinta ofroad, karena memiliki ketinggian mencapai 1600 meter diatas permukaan laut.

Lereng bukit pungur, ternyata diakui sebagai track paling menantang yang anda di pulau Sumatera.

Kabupaten Way Kanan hasil pemekaran dari Lampung Utara, ternyata memiliki luas wilayah yang sangat luas dan terbagi menjadi 14 Kecamatan.

Saat ini, Blambangan Umpu dijadikan sebagai pusat kota. Sementara Kasui dan Banjit lebih banyak dikenal.

Saat dalam perjalanan, suasana seketika berubah saat saya sedang melintasi tanah siring. Bentangan persawahan dengan suara umat Hindu yang terdengar sedang menunaikan ibadah.

Jalan ini menuju kampung pendatang yang hidup tentram di Way Kanan.

Langkah kaki saya terus meniti desa adat Bali. Perkampungan pendatang yang lari ke desa ini untuk menghindari letusan gunung berapi.

Disinilah sisi lain dari Way Kanan, tepatnya di desa Bali Sadar yang dibangun oleh warga pendatang dari Bali sekitar tahun 1963.

Kampung adat Bali di Way Kanan Lampung berdiri saat sebagian besar masyarakat terpaksa berimigrasi karena letusan dahsyat gunung agung dan hingga saat ini mereka terus berkembang hidup berdampingan langsung dengan warga lampung.

Nafas kehidupan Bali benar-benar hidup utuh disini, meski begitu, didalamnya juga terasa hadir budaya setempat seperti ukiran khas Lampung demi menghargai budaya lokal.

Ini menjadi wujud nyata dari moto ramik ragom yang bermakna meski majemuk namun tetap bersatu.

Way Kanan Lampung tergolong wilayah yang aman karena hanya dikelilingi bukit serta gunung tidak aktif.

Negri ini menjadi surga bagi para petualang, keindahan 1001 aliran sungai dan air terjun, seakan tidak ada habisnya dan butuh di ekspos setiap penjuru.

Perjalanan menuju air terjun Putri Malu ternyata tidak semudah menuju lokasi air terjun lain karena sudah menjadi objek wisata favorit.

Saya harus menempuh perjalanan panjang, menebus bukit pungur hingga ratusan MDPL dengan menggunakan motor trail.

Beruntung cuaca di lintasan ofroad agak sedikit bersahabat. Jalanan tanah yang agak sedikit kering dan berbatu sedikit mempermudah saya untuk melintas. Namun hati hati, karena ada jurang terjal tertutup semak belukar dibeberapa lokasi.

Perjalanan panjang dan menantang membawa saya akhirnya sampai ke air terjun Putri Malu, air terjun yang terindah di Provinsi Lampung.

Tingginya sekitar 80 meter, konon kabarnya, air terjun ini ditemukan oleh seorang pemuda yang bermimpi didatangi oleh seorang bidadari yang membuka sebuah gerbang menuju air terjun.

Nama Putri Malu diberikan karena letak dan bentuk air terjun yang satu aliran dengan air terjun dan membuatnya tampak seperti Putri Malu.(Adeni Andriadi)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius