Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek Ajak Masyarakat Sukseskan Pagelaran Basurah Kematian


SUMBARNET.COM - Semua elemen masyarakat diajak oleh Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kecamatan Kuranji, untuk ikut mensukseskan acara pergelaran Basurah Adat Kematian I Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat.

"Mari kita sukseskan bersama-sama acara pergelaran Basurah Adat Kematian ini. Kita saksikan bersama - sama di Medan Nan Bapaneh KAN Pauh IX," ungkap Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek, Rabu, 19 Februari 2020.

Menurut Rang Tuo Suku Tanjuang Tapian Ampang ini mengatakan, pergelaran Basurah Adat Kematian tersebut penting artinya untuk melestarikan adat istiadat kematian yang ada di Pauh IX. Acara ini merupakan upaya pelestarian adat kematian yang ada di Pauh IX, sehingga tidak hilang ditelan zaman, ujarnya.

Selama ini, Datuk Rajo Magek Pauh IX dikenal sebagai daerah yang masih kuat dan kental dalam penerapan Nilai - nilai adat. Tak hanya nilai-nilai adat pada pasca melahirkan yang dikenal dengan acara mancaliak anak atau pernikahan dengan adat babakonya, tetapi daerah kita punya keunikan tersendiri dari segi adat kematian, ujarnya.

Acara Pergelaran Basurah Adat Kematian KAN Pauh IX itu sendiri, menurut rencana akan dilaksanakan pada Kamis, 20 Februari 2020 pada pukul 20.30 WIB, bertempat di Medan Nan Bapaneh Balai Adat Pauh IX, jalan By Pass KM 8 Kuranji, Kota Padang.(rel)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius