Musrenbang Kuranji, Irwan Basir: Fokus Peningkatan Ekonomi


SUMBARNET.COM - Wali Kota Padang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra) Hermen Peri menekankan, pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kuranji agar difokuskan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat terus berkembang maka otomatis angka kemiskinan akan menurun.

Hal itu disampaikan Hermen Peri saat membuka Musrenbang Kecamatan Kuranji Tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD 2021, di Gedung Serba Guna (GSG) Kelurahan Kuranji, Kamis (20/2/2020).

Menurutnya, hal utama yang dilakukan di Kecamatan Kuranji adalah budidaya ikan tawar sebagai sektor unggulan. Mengingat Kecamatan Kuranji dialiri oleh aliran batang kuranji, Batang Belimbing, Sungai Pasa Lalang dan beberapa aliran irigasi.

“Potensi lain yang perlu dikembangkan di Kecamatan Kuranji adalah dibidang pertanian dengan potensi lahan basa,” ungkapnya.

Selain itu, di Kecamatan Kuranji juga terdapat kampus Universitas Islam Negeri Padang di Kelurahan Anduring yang membantu perekonomian warga setempat. “Jika potensi-potensi ini dikelolah dengan baik tentunya akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelas Hermen.

Ia mengatakan, terkait dengan potensi-potensi ekonomi itu, diperlukan perencenaan pembangunan yang komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Tidak hanya melibat swasta saja namun juga melibatkan dunia usaha dan masyarakat.

“Untuk itu kepada SKPD terkait saya titip agar fokus diskusi pada Musrenbang ini yang lebih utama pada peningkatan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir berharap, melalui Musrenbang ini Pemerintah Kota Padang melihat lebih konkrit permasalahan-permasalahan yang terjadi di Kecamatan Kuranji.

“Secara populasi, penduduk Kuranji nomor dua terbanyak di Kota Padang. Yang perlu dilakukan kedepan adalah bagaimana pengembangan PAD untuk Kota Padang seperti bidang pariwisata, pasar dan ekonomi pengembangan UMKM,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Camat Kuranji Eka Putra Bukhari mengatakan, Musrenbang ini membahas berbagai macam usulan perioritas yang telah  dilaksankan melalui Rakorbang tingkat kelurahan, RT dan RW yang berjumlah 288 usulan. “Usulan yang menjadi perioritas adalah betonisasi jalan, perbaikan drainase , pengaspalan jalan lingkar serta pelatihan peningkatan keterampilan UMKM,” sebutnya.

Hadir dalam forum tersebut, Anggota DPRD Kota Padang Ja’far, Kepala Bappeda Kota Padang Medi Iswandi, Kepala Dinas Parwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian dan unsur forkopimka setempat.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan pemenang pelaksanaan Rakorbang Tingkat Kelurahan se Kecamatan Kuranji Tahun 2021. Terbaik I Kelurahan Kuranji, Terbaik II Sungai Sapih dan Terbaik III Pasar Ambacang.(rel)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius