Tutup Urak Balabek, M Fikar Ungkap Enam Tips Wujudkan Nagari Berkarakter dan Berkemajuan


SUMBARNET.COM - M Fikar Datuk Rajo Magek menghimbau seluruh elemen masyarakat dihimbau agar berpartisipasi didalam membangun nagari, agar terciptanya nagari berkarakter dan berkemajuan, sesuai dengan visi dan misi Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX.

Hal ini disampaikan Ketua BMPN Pauh IX itu dalam acara penutupan Alek Nagari Pauh IX Urak Balabek, pada Sabtu malam (29/2) bertempat di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji.

"Untuk mewujudkan nagari yang berkarakter dan berkemajuan itu tidak mudah, perlu keseriusan kita bersama, "Saciok Bak Ayam Sadanciang Bak Basi", kata M Fikar.

Menurut M Fikar setidaknya ada beberapa hal yang dapat membentuk nagari yang berkarakter dan  berkemajuan.

Ketua BMPN Pauh IX itu mengungkap bahwa ada enam poin penting yang harus dimiliki. Jika keenam poin itu sudah dimiliki maka untuk mewujudkan nagari yang berkarakter berkemajuan akan tercapai.

M Fikar menyebut, "enam poin penting yang harus dimiliki untuk membentuk nagari karakter dan  berkemajuan itu adalah nilai, uswah, kemandirian, solidaritas sosial, etos kerja dan habitus,” sebut Datuk lulusan Magister UPI dan UMSB itu.

Berikut penjelasan M Fikar Datuk Rajo Magek tentang enam poin penting untuk mewujudkan nagari berkarakter dan berkemajuan:

1. Nilai, yaitu seperangkat aturan yang harus dapat dijunjung tinggi, dilaksanakan dan dipatuhi. Nilai menjadi dasar pemikiran, Nagari Pauh IX telah membuat setidaknya sembilan poin atas kesepakatan bersama.

2. Menjadi uswah atau contoh yaitu karakter-karakter luhur yang ditunjukkan kepada masyarakat, terutama dalam keagamaan ABS - SBK.

3. Kemandirian juga perlu menjadi perhatian untuk menuju kesuksesan.

4. Solidaritas sosial merupakan bekal untuk membentuk karakter berkemajuan, mulai dari tingkat RT, RW, tapian-tapian semuanya harus membangun solidaritas sosial.

5. Harus memiliki etos kerja yang baik.

6. Habitus atau kebiasaan, peran media sangat penting seiring dengan kemajuan zaman dan perubahan kebiasaan yang terjadi.(mc-mf)


0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius