20 Pelaku Ilegal Mining Ditangkap Polda Sumbar


SUMBARNET.COM - Polda Sumbar bersama tim gabungan melaksanakan operasi Ilegal Mining dengan penambangan emas tanpa izin usaha pertambangan dengan menggunakan alat berat jenis Excavator di Jorong Taratak Malintang, Kenagarian Limo Koto, Kec.VII, Kab. Sijunjung pada Senin (09/03/2020) Pukul 03.00 Wib.

Panangkapan ini dilakukan pada dua tempat yang tidak berjahuan dengan tersangka sebanyak 20 orang, 2 diantaranya sebagai pengurus lapangan, 1 pengurus lokasi, 2 sebagai operator alat berat, 2 sabagai Helper alat berat, dan yang lainnya sebagai pekerja bagian pendulang.

Tersangka diamankan dengan barang bukti dua buah karpet sintentis warna hijau, dua pompa air mesin robin, satu kota perkakas, 3 jenis alat berat kontroler dengan berbeda merk, satu uni GPS, 8 buah senter kepala, empat buah jerigen BBM Solar, satu jerigen BBM Premium, lima unit motor dan barang bukti lainya.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh penyidik Ditreskrimss Polda Sumbar bahwa pelaku utama atau pemodal dalam perkara penambangan emas ini berinisial Epi dan Wendi yang masih dalam pencarian.

Hal ini disampaikan oleh Subdit IV Ditreskrimsus Polda Sumbar yang didampingi langsung oleh Kabid Humas Polda Sumbar saat jumpa pers di lantai IV Mapolda Sumbar pada Selasa, (17/03/2020).

Menurut Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara dengan Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Pidana, tersangka dikenai ancaman Pidana kurungan 10 tahun penjara dan denda 10 Milyar Rupiah. (AdF/R)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius