Guru Gadang Tapian Suku Tanjuang Dinobatkan Kepada M Fikar Datuk Rajo Magek



SUMBARNET.COM - Guru Gadang Silek Pauh di Tapian Suku Tanjuang Ampang Kenagarian Pauh IX dinobatkan kepada Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek yang juga merupakan Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat.

Zulhendri Ismed menyebut, "Alhamdulillah, secara adat dan limbago M Fikar Datuk Rajo Magek sudah resmi menjadi Guru Gadang Silek Pauh di Suku Tanjuang Tapian Ampang, Kenagarian Pauh IX," sebut Zulhendri.

Prosesi penobatan M Fikar diwakili oleh Zulhendri dengan mangilekan pegang pada pagelaran Urak Balabek, Sabtu malam (29/2) bertempat di Medan Nan Bapaneh halaman Kantor KAN Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang.

"Saya mewakili M Fikar Datuk Rajo Magek mangkilekan pedang di Medan Nan Bapaneh karena M Fikar berhalangan hadir mendampingi buah hatinya mengikuti olimpiade sains di Bukit Tinggi," kata Zulhendri.

M Fikar menegaskan, "Silek Pauh adalah beladiri mematikan, kewajiban kita untuk melestarikan sehingga dapat diwarisi kepada anak cucu kita," ujar M Fikar.

"Dengan dinobatkannya saya sebagai Guru Gadang maka tanggung jawab untuk melestarikan Silek Pauh sudah terpikul dan saya siap untuk menjaga warisan adat budaya Silek Nagari Pauh IX ini agar tak lekang oleh waktu," ujar M Fikar.(AdF)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius