PWI dan Polres Pariaman Tanda Tangani Nota Kesepakatan



SUMBARNET.COM - Polres Pariaman dalam pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), mengajak organisasi wartawan, yakni PWI Kota Pariaman/Kab. Padang Pariaman untuk menandatangani nota kesepahaman Polres Pariaman, Selasa (3/3/2020) pagi.

Dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini,  dari Polres Pariaman diwakili Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan, S.iK., M.Hum , PWI diwakili Ketua PWI Kota Pariaman / Kabupaten Padang Pariaman A. Damanhuri, Hadir pulaWakapolres Pariaman Pariaman Kompol Yuhandri, Para Kabag, Para Kasat, Kapolsek Sejajaran Polres Pariaman, Perwira Staff Polres Pariaman serta para kuli tinta wartawan media cetak serta elektronik dari Kota Pariaman dan Kab. Padang Pariaman. Ini MoU salah satunya ini bahwa para pihak akan berkoordinasi terkait perlindungan kemerdekaan pers dalam pelaksanaan tugas kewartawanan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Saran dan kritikan yang sifatnya membangun selalu kami tunggu dari rekan-rekan wartawan, demi kemajuan Polres Pariaman,” kata Kapolres AKBP Andry Kurniawan, S.iK., M.Hum saat memberikan kata sambutan.

Sementara itu, A. Damanhuri Ketua PWI Kota Pariaman / Kabupaten Padang Pariaman merespon positif langkah-langkah Polres Pariaman dalam pencanangan ZI WBK ini. Dia juga meminta agar akses wartawan untuk mencari informasi berita dipermudah, karena sekarang era informasi keterbukaan publik.

“Akses informasi berita dari Polres Pariaman yang diberikan kepada wartawan saat ini sudah bagus, namun kami minta sinergitas ini berkelanjutan dalam bentuk sebuah kerja sama," Jelas A. Damanhuri Ketua PWI Kota Pariaman / Kabupaten Padang Pariaman.

Diketahui, dalam nota kesepahaman itu juga tercantum koordinasi di bidang penegakan hukum terkait penyalahgunaan profesi wartawan. Selain itu juga terkait koordinasi dalam bidang perlindungan kemerdekaan pers.

Kegiatan Penanda Tanganan MOU Kesepahaman antara Polres Pariaman dengan PWI Kota Pariaman / Kab. Padang Pariaman berisikan Koordinasi dan Pertukaran Informasi yang bertujuan untuk :

1. Menyamakan presepsi serta untuk memudahkan wartawan yang di bawah naungan PWI saling memberi informasi dengan Polri Khususnya Polres Pariaman.

2. Sebagai bentuk Koordinasi dan Pertukaran Informasi Kepada masing - masing pihak demi terwujudnya keseimbangan berita dalam hal kegiatan Kepolisian sehingga dalam upaya penegakam hukum dapat berjalan sebagaimana mestinya dan terciptanya suasana yang kondusif, dalam pemberitaan seimbang, akurat, tidak beritikat buruk dan menghormati supremasi hukum sebagai mana fakta yang sesungguhnya terjadi.

3. Nota Kesepahaman tersebut merupakan tindak lanjut dari Program Kapolri, di mana Humas merupakan salah satu fungsi yang di kedepakan Polri.

"Perlu Jajaran Polri memberikan penghargaan kepada Polres Pariaman sebuah langkah baik, sebuah langkah positif untuk semakin memasyarakatkan keterbukaan informasi ini, tentu kerja sama yang dibuat tertulis ini jarak kami dari wartawan dengan Polres Pariaman yang sudah dekat jadi tambah dekat lagi." tambah A. Damanhuri Ketua PWI Kota Pariaman / Kabupaten Padang Pariaman (AdF/Mendrofa/Humas)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius