M Fikar: Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19


SUMBARNET.COM - Organisasi nagari (Organ) Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX berbagi masker di depan Kantor KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang, Sabtu (18/4).

Upaya berbagi masker ini dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Convid-19).

Dalam giat ini BMPN Pauh IX juga bersineegi dengan organisasi nagari lainya seperti FKAN Pauh IX, dan KAN Pauh IX, Foaruk Mubaligh dan Camat Kuranji.

“Upaya bagi bagi masker merupakan kegiatan sosial dari anak nagari Pauh IX yang tergabung dalam organissi nagari BMPN Pauh IX Kuranji,” ujar Ketua BMPN Pauh IX M Fikar Dt Rajo Magek SAg MM MPd, Sabtu kemarin.

Dikatakan Fikar, aksi turun ke lapangan berbuat ini merupakan aksi peduli terhadap masyarakat,terutama masyarakat Kuranji. Sebab, mustahil masyarakat lain yang peduli dengan warga Pauah IX Kuranji.

Selain itu juga aksi bagian dari aplikasi dari pasca pengukuhan kabinet pengurus BMPN Pauh IX, secara sederhana di Kafe PFC Belimbing, Jumat malam (1/4/2020). Pengukuhan sederhana BMPN ini tidak terlepas dari merebaknya virus asal Cina yang disebut virus Corona (Covid-19). Karena tidak boleh melibatkan orang banyak untuk berkumpul secara berdekatan,sesuai dengan himbauan pemerintah.

Selain itu bagi pengurus akan memikirkan warga yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Namun, semua ini akan dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan melibatkan unsur terkait dalam nagari. Karena, tidak terbantahkan banyak yang mengalami kesulitan ekonominya karena dampak Virus Corona ini.

Ditambahkan Fikar, setelah pembagian masker di depan Kantor KAN, nanti akan dianjutkan dengan pembagian masker ke Pasar yang ada di Kecamatan Kuranji, seperti Pasar Belimbing. Dengan para pedagang yang terdiri dari amak amak berdagang.

Ketua FKAN Pauh IX Kuranji Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, juga melksanakan kegiatan sosial melakukan penyemprotan disinfektan di Rumah Tigo Ruang Lubuk Lintah Kuranji.

“Karena ada salah seorang warga kita terdampak positif Virus Corona, maka perlu dilakukan penyemprotan disinfektan agar jangan terpapar yang lain di sekitar Rt04 RW01, ” ujar Evi Yandri.

Maka, rekan rekan yang melakukan penyemprotan harus sesuai protap alat pelindung dirinya, seperti masker, pakaian APD dan sarung tangan.

Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Dtk Rajo Alam mengatakan, aksi ini merupakan bagaina melestarikan nilai nilai kearifan lokal di daerah ini. “Swgingha kepedulian ini cukup benanfaat bagi Masyarakat banyak tidak saja kepada masyarakat Kuranji ini tapi warga yang melintas di Jalan Bypass ini,” ” ujar Irwan.

Diitambahkan Irwan, sebelas kecamatan yang ada di Kota Padang, hanya organisasi masyarakat yang saat ini aktif. Tentu kegiatan ini cukup positif sekali terhadap pengendara dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padang. (AdF/rjk)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius