Raihan Rasyid Pimpin PWI GPII Sumbar Periode 2020-2023


SUMBARNET.COM - Raihan Rasyid disetujui oleh tujuh orang tim formatur dalam Musyawarah Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia (Muswil GPII) Sumatera Barat di Padang, Selasa (14/4/2020), sebagai Ketua Umum PW GPII Sumbar. Sedangkan posisi sekretaris diamanahkan pada Wahyu Aswandi Siregar.

Usai terpilih, Raihan mengajak seluruh pemuda Sumatera Barat, untuk kembali peduli terhadap isu keumatan dan kebangsaan. “Hal ini perlu kita hidupkan kembali, spirit kepedulian di lingkungan pemuda khususnya pemuda Islam,” tegasnya.

Menurut dia, saat ini banyak pemuda tak lagi peka dan peduli dengan isu-isu keumatan dan kebangsaan. Padahal, dulunya, pemuda punya peran penting sebagai pembawa bendera perubahan di eranya masing-masing.

“Hal itu terjadi, karena para pemuda begitu peduli terhadap persoalan keumatan dan kebangsaan. Ini harus kita hidupkan kembali,” ungkap Raihan Rasyid usai terpilih.

“GPII Sumbar mesti jadi garda terdepan dalam mengerakan dakwah Islam di Sumatera Barat terutama di kalangan pemuda,” tambah Raihan yang juga mantan Ketua Umum Pelajar Islam Indonesia (PII) Kota Padangpanjang, 13 tahun silam.

Sementara itu, Ketua Umum PW GPII Sumbar 2016-2020, Jimmi Syah Putra Ginting berharap, GPII Sumbar aktif membangun sinergi dengan semua elemen baik di pemerintahan, OKP maupun masyarakat luas khususnya di kalangan pemuda.

“Kita mesti bersama-sama dalam meneguhkan spirit keislaman dan kebangsaan di era sekarang ini,” terang Jimmy yang juga Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar.

Menurut dia, Sumatera Barat terkenal dengan falsafah, Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, Syara' Mangato Adaik Mamakai. “Aktivis GPII perlu menggali nilai luhur di dalam falsafah ini, kemudian aktif membumikan nilai-nilainya di tengah pergaulan antar pemuda,” harapnya.

Berjalan Alot

Tim Formatur ini dilahirkan usai Muswil GPII Sumbar yang digelar Kamis (12/3/2020) di Padang. Saat itu, dipercayakan tujuh orang anggota formatur yakni Galant Victory, Wahyu Aswandi, Ujang Wardi, Syukron Novri, Anggi, Muhammad Shaifullah dan Raihan Rasyid.

Tim formatur diamanahkan waktu selama 30 hari, untuk menyusun struktur Pengurus Wilayah (PW) GPII Sumbar periode 2020-2023. Mekanisme seperti ini (pemilihan formatur-red), berbeda dengan sistem yang telah dilaksanakan pada periode-periode sebelumnya.

Musyawarah tim formatur ini sendiri berjalan alot. Tujuh orang tim formatur ini sebelumnya juga kandidat ketua umum. Selang waktu itu, terjadi diskusi sangat alot. Pada akhirnya, mengerucut jadi dua nama jadi calon ketua umum, Wahyu Aswandi Siregar dan Raihan Rasyid.

Dengan kebesaran hati, akhirnya Wahyu Aswandi Siregar mempercayakan Raihan Rasyid untuk menakhodai PW GPII Sumatera Barat periode 2020-2023 serta Wahyu Aswandi akhirnya diamanahkan sebagai sekretaris umum.

Musyawarah ini sendiri, hakikatnya memang bertujuan untuk meneguhkan kembali gerakan dan kiprah GPII Sumatera Barat sebagai lokomotif utama dalam mengerakan dakwah Islam Khususnya di kalangan pemuda, selain juga melakukan regenerasi kepengurusan berikutnya. (rls)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius