Gembong 20 Kg Sabu dari Palembang Divonis Mati


SUMBARNET.COM - Hukuman mati Michael Kosasih pria 26 tahun itu dikuatkan Pengadilan Tinggi (PT) Palembang. Kosasih terbukti mengedarkan 20 kg sabu dan 18.800 butir pil ekstasi.

Kasus bermula saat Kosasih diringkus petugas BNNP Sumsel. Petugas mendapatkan informasi akan adanya transaksi narkotika dalam jumlah besar di Simpang Bandara pada 26 Agustus 2019 sekitar pukul 08.30 WIB.

Dari penggeledahan petugas mendapati barang bukti dalam tas koper berisi 20 bungkus plastik sabu-sabu masing-masing 1 kilogram dan satu bungkus kantong kertas besar berisi pil ekstasi total 18.800 butir di kursi belakang mobil.

Pada 12 Februari 2020, PN Palembang menjatuhkan hukuman mati kepada Kosasih. Kala itu, ia langsung menangis sejadi-jadinya mendengar hukuman mati yang didapatinya. Kosasih kemudian mengajukan banding.

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Palembang Nomor 1631/Pid. Sus/2019/PN Plg tanggal 12 Februari 2020 yang dimintakan banding tersebut," ujar majelis PT Palembang yang dilansir di website-nya, Jumat (12/6/2020).

Duduk sebagai ketua majelis M Mawardi dengan anggota Ahmad Yunus dan Mien Trisnawaty. Majelis tinggi menyatakan Kosasih mengetahui barang bukti yang diterimanya dari Aan untuk diantarkan tersebut adalah milik Aan dan milik Epan.

Dan Kosasih sadar akan perbuatan dan risiko dari perbuatannya sebagai perantara peredaran narkotika, yang memuluskan beredarnya narkotika dari penjual kepada pembeli.

"Sehingga kedudukan/posisi terdakwa sebagai perantara menjadi sangat menentukan beredarnya narkotika di masyarakat, apalagi jumlah barang bukti dalam perkara a quo sangat banyak," cetus majelis.

Sabu 20 kg dan pil ekstasi yang jumlahnya hampir 19 ribu butir itu sudah cukup menjadi alasan bagi majelis tinggi untuk menjatuhkan hukuman mati. Bila sabu dan ekstasi itu beredar di masyarakat, puluhan ribu orang akan kecanduan dan berujung kematian karena narkoba.

"Pidana tersebut telah patut dan adil serta cukup memberikan pelajaran bagi Terdakwa dan juga masyarakat pada umumnya," pungkas majelis.

Source: detikcom

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius