Didikan Subuh, Zul Efendi: Ajang Latihan Bagi Generasi Muda


SUMBARNET.COM - Penyuluh Agama Islam Kecamatan Linggo Sari Baganti, dihadiri Zul Efendi, SHI dalam kegiatan didikan Subuh gabungan TPQ/TPSQ se Nagari Lagan Hilir Punggasan yang dilaksanakan setelah ba’da Subuh di Masjid Abrar Kampung Bukit Putus Dalam, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, pada Minggu (19/7).

Kegiatan ini merupakan program Lembaga Didikan Subuh (LDDS) dengan guru TPQ/ TPSQ se Nagari Lagan Punggasan Hilir yang akan menjadi kegiatan rutin setiap bulannya.

Dalam sambutannya Penyuluh Agama Islam Kec. linggo Sari Baganti, Zul Efendi, SHI sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan didikan Subuh ini merupakan ajang latihan bagi generasi muda, terutama melatih bangun pagi untuk melaksanakan sholat Subuh”, katanya.

Zul Efendi juga menambahkan, kegiatan ini sangat bagus untuk memakmurkan serta meramaikan mesjid. “Dengan adanya kegiatan didikan subuh ini anak anak bisa diajari untuk menjadi imam, menjadi muazzin, khatib Masjid dan yang utama bisa menumbuhkan serta mempunyai jiwa islami dalam diri mereka masing masing,” tambahnya.

“Untuk menuju masyarakat Pesisir Selatan yang madani, serta agar suasana Islami terbangun dengan baik, semua pihak harus berperan, tidak hanya mengandalkan guru guru pondok, ustadz, ustazah saja, tapi semua elemen masyarakat harus ikut didalamnya,” ujar Zul.

” Semua itu terwujud bukan dengan bicara semata, tapi dengan contoh yang nyata,dengan keteladanan yang baik,” katanya.

Wali Nagari Lagan Punggasan Hilir, Arpen mengungkapkan pihaknya berharap acara seperti itu terus digalakan serta menjadi tanggung jawab guru TPQ  sebab pemerintah nagari membayarkan honor ka guru TPQ sebesar 650, 000/orang guru setiap bulannya, dan Insha Allah Nagari berusaha membantu.

Dalam sambutannya, Arpen menyebutkan, acara didikan subuh gabungan se nagari Lagan Hilir Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti itu sangat efektif untuk mendorong peningkatan mutu SDM dan pengetahuan tentang agama ,” kami berharap dengan kegiatan itu, bisa makin memperkokoh jalinan silaturrahmi antar anak didik TPQ dan TPSQ di nagari Lagan Hilir Punggasan,” sebut Walinagari.

Walingari sangat mendukung kegiatan didikan subuh gabungan tersebut,” ini harus terus dipertahankan setiap bulannya."pungkas Arpen

Pada kegiatan didikan Subuh ini dihadiri sekitar 150 santri TPQ,  22 guru, 9 TPQ (taman pendidikan Al Qur'an). Turut hadir dalam didikan subuh gabungan ini Walinagari, Penyuluh Agama Islam Kec. linggo sari Baganti dan pemuka masyarakat sekitar.(AdF/Robi)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius