Irwan Basir Bersama FKAN dan BMPN Pauh IX Goro Perbaiki Tanggul Sawah Kapalo Banda


SUMBARNET.COM - Bersama Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) dan Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kuranji, RT/RW tokoh masyarakat, Irwan Basir melakukan gotong royong bersama.

"Goro ini adalah untuk memperbaiki kapalo banda sawah yang jebol lebih kurang sejak 10 tahun lalu", kata Irwan Basir saat ditemui di lokasi goro Tabek Tunggu Surian, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, pada Minggu (05/07/2020) Pagi.

Irwan Basir menyebut, "bendungan Kapalo Banda Tunggu Surian ini mengairi lahan pertanian masyarakat Kelurahan Kuranji lebih kurang sekitar 300 hektare. Karena jebolnya bendungan Kapalo Banda Tunggu Surian ini mengakibatkan pengairan sawah masyarakat kurang maksimal".

Kegiatan Goro yang dilaksanakan anak nagari Pauh IX ini juga tak terlepas dari meningkatkan silaturahmi anak nagari. Kemudian sebagai budaya kebersamaan sehingga, yang ringan samo dijinjiang kok barek samo dipikua. Sehingga fasilitas umum yakni sarana pengairan lahan pertanian bisa mengairi lahan pertanian masyarakat.

"Untuk mengatisipasi ratusan hektare lahan sawah tidak kekeringan. Maka sementara bendungan Kapalo Banda ini dipasang batu barojong sepanjang lebih kurang 20 meter", tambah Irwan Basir.

Pemasangan batu barojong inilah dibiayai secara swadaya yang dikerjakan secara bergotong royong.(MC IB)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius