Senpi Berpeluru Hampa Digunakan Saat Rekonstruksi


SUMBARNET.COM - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya gunakan senjata api dengan peluru hampa ketika menggelar rekonstruksi adegan penembakan pengusaha pelayaran Sugianto di Ruko Royal Gading Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa (25/8).

"Dalam adegan ke 28 C akan menggunakan senjata pengganti dan peluru hampa dan diawasi tim tindak Subdit Resmob Polda Metro Jaya yang sudah terlatih dalam persenjataan," kata Kanit III Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Herman Edco.

Adegan 28 C adalah adegan ketika tersangka Dicky Mahfud (50) yang berperan sebagai eksekutor, menembak Sugianto sebanyak lima kali. Adegan tersebut dilakukan dengan menggunakan senjata api dan peluru hampa dan diawasi dengan ketat oleh penyidik Subdit Resmob.

Sebelum dimulainya rekonstruksi AKP Herman juga mengingatkan kepada awak media dan warga sekitar yang menyaksikan jalannya proses rekonstruksi pun diingatkan untuk tidak kaget atau panik saat mendengar suara tembakan.

Pada adegan tersebut tersangka Mahfud menghampiri korban, mengeluarkan senjata api dan lima kali menembak Sugianto hingga tewas.

"Dalam adegan 28 C tersangka Mahfud mengeluarkan tembakan sebanyak lima kali yang mengakibatkan korban meninggal dunia," ujar Herman.

Usai mengeksekusi korban, tersangka Mahfud langsung bergegas melarikan diri bersama dengan tersangka Syahrul (58) yang sudah bersiap di atas motor.

"Adegan 28 E tersangka Syahrul menyambut tersangka Mahfud di seberang gerbang lalu melarikan diri ke arah Tanjung Priok," tutur Herman.

Rekonstruksi tersebut telah rampung digelar dengan total 44 adegan, dengan rincian 36 adegan perencanaan dan delapan adegan eksekusi terhadap korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan proses rekonstruksi diperankan langsung oleh para tersangka tanpa pemeran pengganti.

Lebih lanjut, dia mengatakan rekonstruksi dilaksanakan untuk menyesuaikan antara fakta di lapangan dengan keterangan yang disampaikan para tersangka dalam berita acara pemeriksaan.

"Kita tahu bahwa fungsi rekonstruksi adalah bagaimana kita menggambarkan terjadinya suatu peristiwa pidana dengan cara memperagakan para saksi dan tersangka ini tentang apa yang sudah dia tuangkan dalam BAP (berita acara pemeriksaan)," kata Yusri di TKP kejadian, Ruko Royal Square, Jakarta Utara, Selasa.

Penyidik Polda Metro Jaya telah mengungkap kasus penembakan yang menewaskan pemilik perusahaan pelayaran bernama Sugiarto (53) yang didalangi oleh karyawatinya yang bernama Nur Lutfiah (34).

Polda Metro Jaya yang menangani kasus tersebut kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus para tersangka yang bersembunyi di daerah Lampung, Cibubur dan Surabaya.

Sebanyak 12 orang yang terlibat dalam kasus pembunuhan berencana tersebut kini telah menyandang status tersangka dan terancam hukuman mati.

Sumber: Antaranews.com

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius