Ketua KT Padang Dilantik Jadi Pengurus Pokdarkamtibnas



SUMBARNET.COM - Yaldi Chaniago Ketua Karang Taruna Kota Padang di dantik sebagai pengurus Pokdarkantibmas Padang, pada Rabu (30/9/2020) di Rocky Hotel Padang.


Pokdarkamtibmas adalah singkatan dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, anggotanya berasal dari seluruh lapisan warga masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat.


"Kita juga akan bekerja sesuai dengan fungsi dan peruntukannya, serta tujuan dari kelompok masyarakat ini juga secara swakarsa harus mampu menunjukkan kepedulian terhadap masalah-masalah kamtibmas dan mentaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku," kata Yaldi disela pelantikan.


Yaldi menyampaikan bahwasanya siap sedia membantu tugas kepolisian, ikut  memelihara keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing dengan pendekatan preemtif, preventif, dan solutif.


"Anggota Pokdarkamtibmas dapat melakukan tindak penyuluhan dan pencegahan gangguan kamtibmas dengan batasan-batasan tertentu," jelas Yaldi.


Anggota Pokdarkamtibmas merupakan mitra kepolisian, namun bukanlah anggota polisi. Karena itulah, tindakan yang dapat dilakukan apabila terjadi gangguan kamtibmas adalah mengamankan, menyelesaikan (problem solving) dengan pendekatan nonrepresif dan apabila tidak didapat jalan keluar, melaporkan kepada pihak kepolisian yang memiliki kewenangan di atasnya.


Terakhir Yaldi menyebut, "pada sisi lain, anggota Pokdarkamtibmas dalam usahanya untuk menjadi pelopor selalu dengan segala daya upaya dan kegiatan terencana serta sistematis dalam menyiapkan, membentuk, membina masyarakat peduli lingkungan," tutupnya. (AdF/FitYa/dori)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius