Peringatan Maulid Nabi 2020, Pemuda Indarung Makan Bajamba dan Salawat Dulang



SUMBARNET.COM - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020, pemuda Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan mengadakan acara Salawat Dulang dan Makan Bajamba di Pendopo Masjid Raya Al Itihaad Indarung, pada Jumat malam (06/11/2020).


Kegitan ini diprakarsai oleh sesepuh masyakarat Indarung, mendapat dukungan dari generasi muda dan kaum ibu serta masyarakat Indarung. Ini dibuktikan dalam hitungan hari panitia pelaksana yang di gawangi oleh Jamarin yang biasa dipanggil ayah ini bisa melaksanakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini.


Pada kegiatan tersebut, menghadirkan Ustadz Ristawandi sebagai penceramah, dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa ummat muslim harus mengikuti tauladan Rasulullah, "Karena itulah bentuk kecintaan kita kepada Rasul," kata beliau.


Kegiatan dilanjutkan dengan makan Bajamba yang berasal dari sumbangan masyarakat Kelurahan Indarung, sebanyak 35 jamba dan gulai kambing dihidangkan yang disantap oleh masyarakat tua dan muda. Tradisi ini mencerminkan kebersamaan semua lapisan masyarakat di ranah minang yang coba diangkat kembali oleh panitia pelaksana. 


Jamarin mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini adalah kali pertama diadakan di Indarung, "Melihat antusias warga kita rencanakan tahun depan akan dilaksanakan dengan lebih baik lagi, dan kita akan jadikan ini sebagai agenda tahunan," kata Jamarin. 


Ditambahkan oleh Jamarin, acara ini tidak terlepas dari dukungan panitia dan masyakarat Kelurahan Indarung, dan juga PT Semen Padang, "Walau dalam waktu yang singkat, alhamdulillah acara ini bisa berjalan baik dengan kehadiran warga yang luar biasa," jelasnya.


Nisfan Jumadil, salah seorang tokoh masyarakat Indarung menyampaikan apresiasi atas kerja panitia, "Kami bangga dan terharu atas kerja panitia, hanya melalui ota lapau saja dan dalam waktu seminggu bisa mengangkat acara yang luar biasa ini, membuktikan bahwa masyarakat Indarung bisa mengangkat kegiatan dengan kebersamaan dan kekeluargaan," kata Nisfan.


"Dan ini menjadi moment kebangkitan dan persatuan masyarakat Indarung untuk melakukan kerja yang lebih besar lagi demi membangun Kelurahan Indarung yang lebih baik kedepan," pungkasnya.


Kegiatan yang ditutup dengan Shalawat Dulang yang menghadirkan tim shalawat Sinar Berapi dan Arjuna Minang ini berlangsung hingga dini hari dan mendapat perhatian yang baik dari warga sekitar. (AdF/DRB)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius