Irwan Basir: LPM Pekerjaan Sosial Mengabdi Kepada Masyarakat



LENTERASUMBAR.COM - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi Sekretaris DPD LPM Akhiruddin dan pengurus LPM Kota Padang Martias Sarjanny, Anizar Rajo Intan dan Dedi Azhari Malin Sampono menghadiri acara pelantikan pengurus DPC LPM Kecamatan Padang Timur masa bakti 2020-2025 bertempat di Aula Kantor Camat, Rabu (23/12).


Pantauan awak media di lapangan dihadiri oleh: Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir  Datuk Rajo Alam, SH, MM, Sekretaris DPD Kota Padang Akhiruddin Akhir , Camat Padang Timur Ances Kurniawan, S.STP, M, Kapolsek Padang Timur, Danramil, KUA se-Kecamatan Padang Timur, Lurah Kecamatan Padang Timur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Bundo Kandung serta pengurus LPM Kecamatan Padang Timur.


Dalam sambutannya, Irwan Basir menekankan bahwa LPM ini merupakan pekerjaan sosial dan salah satu bentuk pengabdian serta rasa kepedulian kepada masyarakat. LPM itu juga bukan bawahan, namun kita merupakan mitra kerja yang bisa bekerja sama dengan eksekutif maupun legiatif.


Artinya, Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang dan duduak surang basampik-sampik, duduak basamo balapang-lapang (berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, duduk sendiri merasa sempit duduk bersama terasa lapang). Oleh karena itu, pekerjaan sosial tanpa imbalan inilah pemahamannya yang perlu ditanamkan, pungkas Datuk IB yang juga Kabid Linjamsos Provinsi Sumatera Barat ini.


"Kita (LPM-red) ini tidak digaji bahkan tidak pernah dianggarkan pendanaan sedikitpun. Tapi, kepedulian sosial kita tidak bisa ditawar-tawar. Karena pengabdian, kesetiakawanan dan kepedulian itu rohnya," tegas Datuk IB sembari diapplaus oleh hadirin.


Lebih jauh Datuk IB memaparkan tugas LPM mestinya dapat meringankan kinerja pemerintah. Disamping itu, bisa melakukan pemetaan embrio konflik. Hal terpenting ialah bisa menyelesaikan embrio konflik tersebut.


Kita bersama bisa mendorong program pembangunan didaerah bahkan juga bisa mendesak percepatan suatu pembangunan diwilayahnya.


"LPM memberikan pencerahan, regenerasi pemikiran untuk melahirkan suatu ide yang sesuai dengan peruntukannya. Percayalah, jika itu terjaga dengan baik, maka tidak akan muncul embrio konflik ditengah-tengah masyarakat," tegas Datuk IB.


Hendaknya LPM selalu bergandeng tangan dengan pemerintah, berbaur menjadi subjek dalam balutan kebinekaan dan kebersamaan dalam hal menyelesaikan segala kebutuhan masyarakat. Selain itu, memetakan dan memfasilitasi usulan masyarakat untuk disalurkan ke pemerintah, beber Ketua Padang Fishing Club ini.


Terakhir, kepada jajaran Forkompimca gandenglah dan bawalah DPC LPM Kecamatan dengan baik agar bisa membantu program pemerintah demi kemajuan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak, pangkasnya Datuk Irwan Basir.


Ketua DPC LPM Padang Timur Yazid St. Rajo Ameh menyampaikan meskipun tertunda oleh pandemi Covid-19 namun setelah beralihnya Kota Padang menjadi zona orange maka, hari ini bisa dilaksanakan, semoga dengan tertundanya pelantikan tidak mengurangi niat para pengurus untuk berbuat lebih banyak dan baik lagi, ujarnya.


Camat Padang Timur, Ances Kurniawan berpesan kepada pengurus DPC LPM Padang Timur yang baru di lantik selamat bertugas semoga bisa memberikan dampak positif kemajuan semua sektor di Padang Timur ini. Ances melanjutkan, nantinya LPM yang memantau dilapangan, kemudian hasil dan temuannya disampaikan kepada pihak kecamatan, selanjutnya pihak Kecamatan meneruskan ke pemko untuk di eksukusi ataupun ditindak lanjuti, pungkas Ances.


Kesempatan yang sama, H. Muhidi Dewan penasehat yang juga Anggota DPRD Padang mengatakan, dengan keberadaan LPM Kecamatan dan kelurahan, sehingga meringankan kinerja kami di dewan. Sebab, LPM khususnya kelurahan lebih memahami akan kebutuhan masyarakat, sehingga sinersitas dengan data yang jelas. Maka pembangunan akan tepat sasaran.


" Kedepan, kami akan sinergikan dan singkronisasi dengan LPM untuk me-recovery ekonomi kerakyatan di masa pandemi Covid-19 ini," ujar Muhidi.


Acara pelantikan tersebut, Selain Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM ia didampingi Martias Sarjany, Anizar Pandeka Rajo Intan, Dedi Azhari Malin Sampono serta Akhiruddin Sekretaris.


Kemudian, turut hadir Lurah, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat, Bundo Kandung dan seluruh KUA se-Kecamatan Padang Timur. (AdF/Dp/Hr1)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius