Polri Amankan 347 Massa Aksi 1812, 27 Orang Reaktif Corona



SUMBARNET.COM - Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengamankan sebanyak 347 pendemo yang hendak melaksanakan aksi 1812 di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Jumat (18/12). Dari 347 pendemo yang diamankan tersebut, 27 diantaranya reaktif corona (Covid-19) setelah dilakukan rapid test.


"347 diamankan, di Polda langsung rapid test. 27 orang reaktif Covid-19. Masih diselidiki apakah 27 orang ini positif Covid-19 atau tidak," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (19/12/2020).


Rusdi menekankan, penangkapan terhadap ratusan pendemo tersebut merupakan bagian dari penertiban keamanan di Ibu Kota. Terlebih, saat kondisi wabah virus corona yang masih mengganas di Jakarta dalam beberapa waktu belakangan ini.


"Ini menjadi bagian bagaimana kita bisa menjaga keamanan khususnya di wilayah Ibu Kota dan tentu pihak-pihak yang bertanggung jawab akan kita gali keterangan," ucapnya.


Rusdi menembahkan, pihaknya akan memintai keterangan sejumlah pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaran aksi demonstrasi 1812 tersebut. Sejauh ini, kata Rusdi, belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka atas demo tersebut.


"Kalau memang ada pihak yang harus bertanggung jawab, tentu akan kita minta pertanggungjawaban. Dari 347 belum ada tersangka, nanti kita lihat bagaimana penyidikan selanjutnya," ujarnya.


Sekadar informasi, Front Pembela Islam (FPI) dan sejumlah organisasi masyarakat lainnya berencana menggelar aksi demonstrasi dengan julukan 1812 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Jumat, 18 Desember 2020, kemarin. Aksi 1812 sendiri digelar untuk menuntut dibebaskannya Habib Rizieq Shihab.


Namun, belum sempat sampai ke Istana Merdeka, massa aksi langsung diminta bubar dan dipukul mundur oleh aparat kepolisian. Ratusan pendemo diamankan dalam aksi tersebut karena dianggap melanggar protokol kesehatan yakni, dilarang berekerumun.


Source: okezone.com

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius