Sebanyak 333 Personil Dilibatkan dalam Operasi Lilin Semeru 2020



SUMBARNET.COM - 333 pegawai dari berbagai instansi di Pamekasan, yang terlibat dalam Operasi Lilin Semeru 2020 dalam rangka menyambut Anugerah Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang dimulai sejak Senin (21/12/2020) kemarin.


“Total personel yang membantu pengamanan Nataru sebanyak 333 personel, termasuk 220 personel dari Polres Pamekasan, sisanya dari Kodim 0826, Dishub, Jasa Raharja, Dinkes, Pramuka, Senkom, BPBD, Orari, Satpol-PP, PMI, CPM, Damkar serta relawan lainnya , ”Kata Kabag Ops Polres Pamekasan, AKP I Komang Yuwandi Sastra, Selasa (22/12/2020).


Operasi Lilin Semeru tersebut dijadwalkan digelar hingga 15 hari kedepan, terhitung sejak Senin kemarin hingga Senin (4/1/2021) mendatang. “Menjelang peringatan Natal, kami juga melakukan sterilisasi pada enam gereja berbeda yang ada di Pamekasan. Baik yang melaksanakan kegiatan maupun tidak,” ungkapnya.


Selain itu, pihaknya juga membangun pos pengamanan dan pelayanan dalam rangka pengamanan Nataru yang dipusatkan di area Monumen Arek Lancar. “Pos pengamanan kita pusatkan di Arek Lancor, ada juga pos pengamanan di Talang Siring dan pos pengaman di enam titik gereja,” sambung Yuwandi.


“Tidak hanya pos pengamanan, pihaknya juga menyiapkan Tim Patroli dengan melibatkan personil gabungan, mereka nantinya bakal membantu melakukan pengamanan kegiatan Nataru dengan tetap mengadakan Operasi Yustisi dalam rangka menegakkan protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.


Momentum pergantian tahun disinyalir bakal memancing masyarakat untuk melaksanakan kegiatan di luar rumah, sehingga pihaknya bakal memperketat giat operasi yustisi dalam rangka memutus rantai penyebaran Voronavirus Disiase 2019. Termasuk mengantisipasi para pendatang yang mudik ke wilayah hukum Polres Pamekasan.


“Jadi jika nanti ada pendatang, kita akan data untuk dicek kesehatan mereka. Apalagi dalam hal ini kita juga bekerjasama dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, apalagi selama pengalaman Nataru ini kita juga akan aktif melakukan operasi yustisi guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.


Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat agar menahan diri melakukan aktivitas di luar rumah. Sekaligus menghindari kerumunan sebagai langkah antisipatif sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. “Silahkan lakukan kegiatan positif dan kurangi kegaitan yang hura-hura, apalagi sampai berkerumun,” imbaunya.


“Hal ini dilakukan sebagai langkah konkrit, sekaligus upaya agar bisa menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Tidak kalah penting, tetap selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan melalui 3M, rajin mencuci tangan, selalu menggunakan masker dan selalu jaga jarak,” pungkasnya.


Source: beritajatim.com

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius