Mike Pence Janji Jaga Kesakralan Pelantikan Joe Biden

 


SUMBARNET.COM - Wakil Presiden AS, Mike Pence, memastikan transisi kekuasaan kepada presiden AS terpilih, Joe Biden, berlangsung aman. Menurutnya, ini adalah bagian dari janjinya untuk menghormati dan menegakkan sejarah Amerika.


Janji itu disampaikan Pence sebelum menggelar briefing keamanan pelantikan Presiden AS di markas besar Badan Manajemen Darurat Federal. Dia juga mengungkapkan hal yang sama selama pertemuan dengan pasukan Garda Nasional yang menjaga Gedung DPR AS (Capitol). Pence termasuk pejabat yang ikut bersembunyi selama serangan di gedung parlemen Amerika itu pada 6 Januari lalu.


“Kita semua mengalami kejadian di hari itu (insiden 6 Januari), dan seperti yang dijelaskan presiden kemarin, kita berkomitmen untuk menjalankan transisi pemerintahan dengan tertib, dan pelantikan yang aman. Rakyat Amerika pantas untuk mendapatkan apa pun,” ujar Pence, dikutip Reuters, Jumat (15/1/2021) WIB.


Dia menyatakan, Biden dan wakil presiden terpilih Kamala Harris akan dilantik pada 20 Januari dengan prosesi sakral yang konsisten sesuai dengan sejarah dan tradisi AS. Pelantikan dengan cara yang memberikan penghormatan terbaik kepada rakyat Amerika.


Pence juga bertemu dengan puluhan pasukan pengawal di luar Gedung Capitol. Dia berterima kasih kepada mereka karena telah memberikan pengamanan pada momentum yang begitu penting dalam kehidupan bangsa Amerika.


Pence, yang telah lama menjadi orang terdekat Presiden Donald Trump yang paling setia, sempat berselisih dengan Trump karena menolak perintahnya untuk menentang penetapan Kongres AS yang mengesahkan kemenangan Biden di Pilpres AS 2020. Setelah serangan di Gedung DPR AS, beberapa pendukung Trump mengecam bahkan mengancam membunuh Pence karena dianggap pengkhianat.


Source: iNews.id

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius