Penjambret Emak-emak Dihadiahi Timah Panas



SUMBARNET.COM - Pelaku penjambretan emak-emak hamil tujuh bulan berhasil ditangkap anggota Unit Resmob Satreskrim Polres Mojokerto. Pelaku warga Lampung Selatan yang tinggal di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini dihadiahi timah panas petugas karena melawan ketika akan ditangkap.


Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander mengatakan, aksi penjambretan dilakukan pelaku Arif Prasetyo (48) saat korban, Ningsih (37) warga Desa Bareng, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang melintas di Jalan Raya Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto pada, Jumat (18/12/2020) lalu.


“Petugas berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan TKP Trowulan dan korban sedang mengandung 7 bulan. Pelaku merupakan residivis kasus pencurian dengan kekerasan yang keluar dari Lapas Kediri pada Mei 2016 lalu, pelaku juga residivis kasus penggelapan keluar Lapas Bojonegoro pada, April 2020,” ungkapnya, Senin (4/1/2021).


Masih kata Kapolres, modus yang dilakukan pelaku yakni dengan memepet korban yang mengendarai sepeda motor sendirian di jalan raya. Dari samping kemudian pelaku merampas tas milik korban hingga korban terjatuh. Setelah berhasil membawa kabur tas selempang warna coklat, pelaku kabur ke arah Mojokerto.


“Proses pengungkapan dimulai dari tersangka utama eksekutor AP setelah Tim Khusus 3C (curat, curas dan curanmor) mendapatkan informasi ada transaksi jual beli HP dari Mojokerto di Surabaya. Tim berpura-pura sebagai pembeli dan mendapati HP merk Oppo F5 Younth mirip dengan milik korban,” katanya.


Kapolres menjelaskan, setelah dilakukan intrograsi dari keterangan penjual HP jika HP tersebut berasal dari tersangka. Pada Jumat (1/1/2021), Timsus 3C mendapatkan informasi tentang keberadaan tersangka di Blora, Jawa Tengah. Saat hendak dilakukan penangkapan, tersangka melawan petugas dengan merebut senjata milik petugas.


“Pelaku melawan saat hendak diamankan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas terukur. Untuk korban sendiri mengalami patah kaki dan alhamdulillah kondisinya sudah membaik, tersangka kita jerat dengan Pasal 365 KUHP ayat 2 dengan ancaman hukuman penjara selama 12 tahun,” jelasnya.


Korban, Ningsih (37) mengaku, dari rumahnya di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang kemudian servis HP di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. “Saya jalan pelan karena hamil, saya minggir kiri sampai di PPST ada motor tarik tas. Helm saya jatuh dan saya ikut jatuh, kaki patah tidak bisa apa-apa,” ujarnya.


Korban mengaku saat kejadian mengendarai sepeda motor sendirian. Meski mengalami patah kaki, namun ia mengucapkan syukur lantaran bayi dalam kandungannya dalam keadaan baik-baik saja. Iapun mengucapkan terima kasih kepada Polres Mojokerto yang telah berhasil mengamankan tersangka.


“Ya saya sendirian. Tas itu isi HP, uang dan surat penting. Uang ada Rp850 ribu lebih, alhamdulillah bayi saya sehat. Saya mengucapkan terima kasih karena telah menangkap pelaku, saya minta dihukum seberat-beratnya karena saya hamil, tidak punya uang. Uang untuk bayar hutang malah di jampret. Uang itu bantuan UMKM, saya sempatkan ambil malah di jampret,” sesalnya.


Sementara itu, pelaku Arif Prasetyo (48) meminta maaf kepada korban. “Saya minta maaf, saya tidak tahu kalau korban hamil. Tidak ada sasaran, saya dari Jombang sampai Mojokerto sepi kemudian mau ke Surabaya, saya lihat ibu ini lewat sendirian,” urainya.


Selain mengamankan pelaku, anggota Unit Resmob Satreskrim Polres Mojokerto juga mengamankan dua penadah HP hasil curian pelaku. Keduanya yakni Saiful (48) dan Junaidi (39) warga Kabupaten Sampang, Madura tinggal di Bulak Banteng, Kota Surabaya.


Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan tersangka yakni sepeda motor Kawasaki Ninja warga hijau dicutting warna hitam nopol K 4990 NY sebagai sarana. HP merk Oppo warna hitam, sebuah diskbook HP merk Oppo FY Younth warna hitam, HP merk Xiaomi warna hitam milik pelaku.


HP merk Nokia warna hitam milik pelaku, sebuah helm standar Honda warna hitam, satu buah baju warna biru, satu buah celana kain warna hitam, satu buah sandal selop warna hitam dan satu tas selempang warna coklat.


Source: beritajatim.com

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius