Perangkat SDC Digunakan Senkom Bersama FRB Ditbinmas Polda Sumbar Pantau Pengamanan Tahun Baru



SUMBARNET.COM - Pemantauan Pos Pengamanan Tahun Baru dilakukan oleh Ditbinmas Polda Sumbar bersama Senkom Mitra Polri yang tergabung dalam Forum Rembuk Bersatu (FRB) tahun 2020 pada Kamis, (31/12/2020).


Pemantauan dilakukan melalui posko- posko yang ada di setiap kabupaten dan kota di Sumatera Barat dan terdapat satu posko induk Mapolda Sumbar untuk memantau situasi Kamtibmas malam tahun baru di seluruh wilayah Sumatera Barat.


Pada setiap posko yang ada di kabupaten dan kota akan di tugaskan beberapa anggota dari 4 organisasi yang tergabung di dalam FRB yaitu, Senkom Mitra Polri, Pokdarkamtibmas, Pemuda Pancasila, dan Laskar Merah Putih bergabung bersama TNI – Polri dan instansi terkait untuk ikut melakukan pengamanan Kamtibmas pada hari akhir tahun sampai malam pergantian tahun baru.


Pemantauan ini menggunakan SDC (Senkom Digital Comunication) yang merupakan aplikasi komunikasi milik Senkom berbasis internet, cara penggunaan nya mirip seperti HT tetapi menggunakan Smartphone/HP android, Laptop, atau juga bisa di link kan dengan perangkat HT dan kemudian digabungkan dengan tampilan visual nya melalui aplikasi Zoom.


Pada SDC ini sudah terpantau kondisi terkini diberbagai wilayah yang ada di Sumbar, laporan audio maupun visual terus di update secara live. Seperti area seputaran Jam Gadang dan pantai Padang sudah ditutup sejak siang hari, begitu juga tempat-tempat wisata lainnya, karena sesuai dengan himbaun maklumat Kapolri dan Gubernur Sumbar agar masyarakat tidak melakukan perayaan tahun baru untuk mencegah berkumpulnya masyarakat menjadi kerumunan karena mengingat kondisi saat ini yang masih dalam masa Pendemi Covid-19.


Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol. Drs. Johni Soeroto mengatakan, untuk tahun ini Ditbinmas Polda Sumbar merangkul Forum Rembuk dan Ormas untuk membantu tugas TNI – Polri dalam PAM malam tahun baru”. Ini juga sudah kita lakukan pada saat Pilkada Sumbar 2020 dan saat libur Natal kemarin, jelasnya.


Diharapkan sinergisitas dan kerjasama ini dapat terjalin dengan baik sehingga dapat membantu dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif”, ungkapnya.


Sementara itu Ketua Senkom Provinsi Sumatera Barat H. Noer Hidayatullah mengatakan, sebenarnya kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin Senkom bersama Polri. Senkom selalu dilibatkan dalam Operasi Lilin, akan tetapi ada yang istimewa kali ini adalah Senkom juga bergabung bersama Ormas dan Forum Rembug lain dalam sebuah Forum Rembug Bersatu (FRB) dibawah bimbingan Ditbinmas Polda Sumbar, katanya.


Apresiasi yang setinggi-tingginya saya ucapkan kepada rekan-rekan Senkom se Sumatera Barat yang telah ikut berpatisipasi dalam kegiatan PAM malam pergantian tahun. Terpantau sampai lewat tengah malam situasi di seluruh Sumbar aman dan kondusif. Ini semua berkat kerjasama semua pihak, TNI – Polri, FRB dan instansi terkait lainnya. Mudah-mudahan ini menjadi ladang amal sholih dan ibadah untuk kita semua, ujarnya.


Tetap semangat, sesuai motto Senkom, “siaga saat aman, ada saat dibutuhkan” dan salam “menembus jarak tanpa batas”, tutupnya. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius