DPRD Sijunjung Usulkan Benny - Radi Jadi Bupati dan Wabup ke Kemendagri



SUMBARNET.COM - DPRD Kabupaten Sijunjung menggelar sidang paripurna pada puncak perayaan hari jadi kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang ke-72, Kamis (18/2/2021).


Prosesi perayaan dipimpin Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan. Selain dihadiri unsur pimpinan dan anggota DPRD Sijunjung, juga dihadiri Gubernur diwakili Asisten III Pemprov Sumbar, Nasir Ahmad, Plh Bupati Sijunjung, Zefnihan, unsur Forkopimda Provinsi Sumbar, unsur Forkomda Sijunjung, para Asisten, Kabag, pimpinan OPD Sijunjung, bupati-wabup periode 2015-2020 Yuswir Arifin-Arrival Boy dan undangan lainnya seperti para bupati dan walikota daerah tetangga, dan beberapa Ketua Pengadilan Tinggi dan para tokoh masyarakat Sijunjung dan para pimpinan Parpol juga terlihat hadir termasuk para mantan pejabat dan mantan kepala daerah dan wakil kepala daerah juga hadir.




Kegiatan itu diawali pembacaan kalam illahi dan pembacaan doa disampaikan Kepala Kementerian Agam Sijunjung, Afrizal. Sebelum acara dimulai, kegiatan diawali dengan penyerahan status wilayah hukum dari Mahkamah Agung kepada Pemkab Sijunjung.


Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan dalam kata sambutanya menyampaikan kata-kata penghormatan kepada yang hadir termasuk memberi apresiasi pada bupati-wabup periode 2015-2020 Yuswir Arifin-Arrival Boy.


Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan juga menyampaikan sejarah berdiri dan kepemimpinan Sijunjung hingga mewujudkan Kabupaten Sijunjung Mahdani.


Bahkan Bambang Surya Irawan juga memapresiasi proses Pilkada Sijunjung yang berjalan sukses dan lancar.


Pada kesempatan itu, bupati periode 2000-2015 dan 2015-2020 Yuswir Arifin selaku tokoh masyarakat menyampaikan kata sambutannya, bahwa Mars Sijunjung sebagai inti visi dan misinya yang sudah di Perdakan.


Tidak ketinggalan Yuswir Arifin juga menyampaikan sejarah Sijunjung dan kemajuan yang dicapai Sijunjung semasa ia menjadi bupati bersama Arrival Boy selaku Wabup kala itu. Termasuk masalah keluhan warga terkait jalan provinsi dan nasional juga disampaikan Yuswir Arifin kehadapan gubernur.



Terkait masalah jalan provinsi dan nasional itu, kata Yuswir Arifin, Pemkab tak bisa berbuat apa-apa, karena itu bukan kewenangan daerah. “Nah, untuk itu kami sampaikan keluhan warga pada bapak gubernur,”sebut Yuswir Arifin.


Yuswir Arifin juga menyampaikan sejumlah keberhasilan daerah yang pernah ia pimpin termasuk soal wilayah hukum dan indek keberhasilan yang berada diposisi ke-69 di Indonesia dan ke-7 di Sumbar.


Plh Bupati Sijunjung, Zefnihan, AP, MSi, mengatakan, karena Covid-19, tidak dapat berkumpul secara bersama dan dilakukan kegiatan HJK itu secara virtual.


“Atas nama Pemkab menyampaikan selamat datang di Kabupaten Sijunjung. Saya mengapresiasi pada seluruh stakeholder atas kemajuan Sijunjung,”ucap Zefnihan.


Plh Bupati Sijunjung juga menyampaikan kemajuan yang dicapai daerah itu, mulai soal ekonomi hingga pertumbuhan bidang pembangunan lainnya juga disampaikan. Bahkan soal Geopark Silokek dan objek wisata lainnya nya dipaparkan. Ia juga minta dukungan semua pihak. Bahkan soal keberhasilan yang dicapai Sijunjung juga disampaikan Plh Bupati Zefnihan termasuk soal kewilayahan hukum juga dipaparkannya.


Plh Bupati juga menyampaikan apresiasi pada Yuswir Arifin-Arrival Boy yang telah membangun Sijunjung secara bersama dengan semua lapisan masyarakat, DPRD dan semua pihak.



Plh Gubernur diwakili Asisten III Pemprov Sumbar, Nasir Ahmad, mengupas soal pemerintahan. “Peringatan hari jadi sebuah daerah merupakan semua momen yang harus kita maknai dan mengevaluasi diri untuk kemajuan suatu daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,”kata gubernur.


Bahkan Plh Gubernur diwakili Asisten III Pemprov Sumbar, Nasir Ahmad, mengakui potensi migas Sijunjung yang bakal menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat termasuk perkembangan wisata Geopark Silokek juga dikupas Nasir Ahmad yang sangat bagus untuk kemajuan Sijunjung dan begitu juga masalah perkebunan lainnya.


Akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sijunjung, Sumatera Barat, secara sah, menandatangani pengusulan Calon Bupati/Calon Wakil Bupati (Cabup/Cawabup) Benny Dwifa Yuswir-Iradatillah sebagai bupati/wabup terpilih pada Pilkada 2020.


Prosesi penandatangan berita acara pengusulan sebagai Bupati dan Wakil Bupati ke Mendagri melalui Gubernur Sumbar itu ditandangani Ketua DPRD Bambang Surya Irawan dan Wakil Ketua DPRD Syofyan Hendri dan Bakri serta disaksikan 29 anggota DPRD setempat serta disaksikan Plh Bupati Sijunjung, Zefnihan, unsur Forkopimda, Cabup/Cawabup) Benny Dwifa Yuswir-Iradatillah, para pimpinan Parpol dan para pimpinan OPD lainnya juga ikut menyaksikan.


Penandatangan berita acara pengusulan sebagai Bupati dan Wakil Bupati ke Mendagri melalui Gubernur Sumbar itu digelar dalam sidang istimewa DPRD Sijunjung di gedung rakyat setempat pada Kamis (18/2/2021).


Proses sekait dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan perkara nomor 65/PHP.BUP-XIX/2021 Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Sijunjung Tahun 2020 dalam sidang yang di gelar di MK pada Senin (15/2/2021) lalu.



Atas keputusan MK tersebut, akhirnya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sijunjung, Sumatera Barat pun menetapkan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat.


Penetapan hasil Pilkada yang berlangsung di kantor KPUD Sijunjung pada Kamis (18/2/2021) itu dipimpin Ketua KPUD Sijunjung, Lindo Karsyah dan dihadiri unsur KPU lainnya, Bawaslu, Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan juga hadir.


Selain itu, Calon Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-Iradatilah Cabup-Cawabup terpilih hasil Pilkada 2020 juga hadir dalam penetapan itu.


Hasil rapat pleno terbuka KPUD itu secara sah menetapkan pasangan Calon Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-Iradatilah sebagai pemenang Pilkada 2020 dan sebagai Cabup – Cawabup terpilih.


Dengan adanya rapat pleno penetapan itu, maka secara resmi dan sah pasangan Cabup/Cawabup Benny-Radi sebagai pemenang Pilkada Sijunjung 2020.


Menurut Ketua KPUD Sijunjung , Lindo Karsyah mengakui KPUD telah menetapkan Cabup/Cawabup Benny-Radi sebagai Cabup/Cawabup terpilih hasil Pilkada 2020 dengan perolehan 27.301 suara atau 25,01 persen.




“Iya, hasil Pilkada 2020 telah menetapkan pasangan Benny-Radi sebagai Cabup/Cawabup Sijunjung terpilih,”katanya pada  selularnya, Kamis (18/2/2021) singkat.


Plh Bupati Sijunjung, Zefnihan, AP,MSi, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan sukses dan lancar. “Atas nama Pemkab Sijunjung, kami mengapresiasi dan ucapan terimakasih kepada penyelenggaran dan semua yang terlibat dalam proses Pilkada damai aman dan badusanak. Biduak lalu kiambang batawik,”ucap Zefnihan selaku Plh Bupati.


Meski jelang penandatangan dihujani pertanyaan dan instruksi anggota DPRD pada pimpinan DPRD, namun kegiatan tetap berjalan sukses dan lancar yang ditandai foto bersama dengan Bupati/Wabup terpilih dan semua anggota DPRD dan unsur forkopimda dan Plh Bupati. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius