Erick Thohir Rencana Isi Kursi Direksi BUMN 5% Dari Milenial

 


SUMBARNET.COM - Menteri BUMN Erick Thohir berencana mengisi kursi direksi dengan para milenial karena ia menilai anak muda menjadi bagian penting bagi pengembangan BUMN.


Dilansir dari detik.com secara persentase, Erick Thohir ingin 5% kursi direksi diisi oleh para milenial.


"Setelah saya mendapat amanah dari Bapak Presiden sebagai Menteri BUMN dari berbagai legacy yang ingin saya wujudkan untuk kemajuan fundamental BUMN kini dan kelak, tentunya adalah generasi muda khususnya milenial berada di pimpinan puncak BUMN," katanya dalam acara Indonesia Young Business Leaders Award 2021, Kamis (18/2/2021).


"Karenanya salah satu terobosan yang dilakukan BUMN memberikan kesempatan kepada generasi milenial untuk duduk dalam jajaran direksi dengan target 5% dari seluruh direksi yang ada di BUMN," tambahnya.


Tak hanya milenial, Erick juga mendorong keterlibatan perempuan di BUMN. Ia menargetkan, 15% di jajaran direksi dan komisaris perusahaan pelat merah.


"Sementara target keterwakilan perempuan adalah 15% di jajaran BOC, BOD dan BOD minus 1 ini bukan sekadar mendorong, bahkan saya menjadikan persentase keterwakilan generasi muda dan perempuan sebagai KPI bagi para direksi BUMN dalam menjalankan target ini," ujarnya.


Dia mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut butuh proses. Menurutnya, perlu ditindaklanjuti dengan menata lingkungan kerja yang menunjang karir generasi muda milenial dan perempuan.


"Tentu ini merupakan proses. Langkah ini kemudian ditindaklanjuti dengan menata agar lingkungan kerja BUMN menunjang karir generasi muda dan juga perempuan agar berkembang menjadi pemimpin berkualitas tinggi," katanya.


Erick Thohir Pengin CSR buat Pendidikan


Bukan pertama kali Erick berencana meningkatkan peran milenial dan perempuan di BUMN. Pada acara yang digelar oleh PNM beberapa waktu lalu, ia juga menyampaikan niatnya tersebut.


"Kemarin secara terbuka saya bicara ingin jika komposisi direksi BUMN 15% perempuan. Lalu saya juga mau direksi BUMN yang usianya di bawah 40 tahun paling tidak 5%," kata dia dalam acara PNM secara virtual, Sabtu (16/1/2021).


Selain itu Erick juga meminta agar dana CSR perusahaan BUMN bisa fokus pada sektor pendidikan. Hal ini agar kualitas pendidikan bisa semakin meningkat.


Erick Thohir juga memberikan wejangan khusus untuk para pegawai muda PNM agar tidak berhenti bermimpi. Karena bukan hal yang tidak mungkin para pegawai muda PNM ini akan menduduki jajaran direksi.


"Saya yakin ada AO yang bisa menjadi direksi. Tetapi harus diawali dengan pendidikan yang baik," jelasnya. (AdF)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius