Pelatihan Sulaman Terawang ke-18 Resmi Ditutup



SUMBARNET.COM - Pelatihan diklat Sulaman Terawang angkatan ke delapan belas yang dibuka oleh Wali Nagari Panampuang diwakili oleh Zahrul Zahman Sekretaris Nagari pada 9 Februari yang lalu di gedung Radio Agro Baso Agam sudah resmi ditutup.


Penutupan dilakukan secara simbolis oleh Indra Rozi, hadir dalam penutupan Zulhendra selaku pemilik Galeri Pinjaik Patah Panampuang, Sri Mulyati dari Balai Diklat Industri (BDI) Padang, Amlas dan Melbude.


Pelatihan dibimbing dan dibina oleh instruktur Rahmi selama 15 hari sejak tanggal 9 Februari 2021 hingga 25 Februari 2021.


Seluruh peserta melakukan uji kompetensi yang diberikan langsung oleh asesor Aldi dan Hendra Jaya Padang selama 2jam.



Zulhendra dalam sambutannya mengatakan, "dengan diadakanya pelatihan menyulam ini diharapkan bisa untuk membantu meningkatkan perekonomian rakyat dan mengembangkan kerajinan khas daerah panampuang yang saat ini hampir tidak diketahui oleh generasi  muda sekarang," katanya.


"Pelatihan ini jangan dianggap sekedar pelatihan pergi pagi pulang sore trus udah gitu aja,tapi kembangkanpah ilmu yang sudah didapat," ujar Zulhendra.



Amlas juga menyampaikan bahwa dengan pelatihan yang hanya 15 hari ini juga mengeratkan tali silahturahmi antara semua peserta juga instruktur karena amlas terus memotivasi semua peserta.


"Meski awalnya kita tidak tahu apa itu sulaman terawang tapi saya yakin kita bisa jika kita punya kemauan, kita pasti bisa karna kita punya skill," kata Amblas.


Amlas menjelaskan, "hari ini saya merasa bangga karna walaupun saya cerewet selama ini tidak sia sia, karena dari 60 peserta pelatihan diklat sulaman terawang terdapat 3 peserta pemula terbaik yang terpilih dan mendapatkan bingkisan kenang - kenangan dari BDI Padang," jelasnya.


"Dengan berakhirnya pelatihan sulam terawang ini diharapkan ilmu yang sudah didapat tidak ikut berakhir juga,semoga bisa dikembangkan dan berguna dikemudian hari," harap Amlas.


Secara terpisah peserta Juliana asal Koto tuo lV koto mengatakan, "sangat beruntung bisa mengikuti program pelatihan menyulam ini, yang nantinya akan di kembangkan," katanya.


Dengan berakhirnya pelatihan sulam terawang ini diharapkan ilmu yang sudah didapat tidak ikut berakhir juga,semoga bisa dikembangkan dan berguna dikemudian hari," tutup Amlas. (Gusni)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius