Kejari Sijunjung Tindak Dugaan Penyelewengan Dana BOS



SUMBARNET.COM - Kejaksaan Negeri Kabupaten Sijunjung berupaya keras mencegah terjadi hal yang berbau korupsi, terbukti ketika menunjukan taringnya dalam penindakan dugaan penyelewengan dana BOS disalah satu SDN di Kabupaten Sijunjung.


Kepala Kejaksaan Negeri Efendri Eka menuturkan, "kita sedang menindak lanjuti tentang dugaan kasus penyelewengan dana bos tersebut dan dalam tahap  pengembangan pemeriksaan saksi," tuturnya ketika ditemui tim awak media pada Jumat (18/3) diruang kerjanya.


Kejaksaan Negeri Sijunjung juga mengedepankan upaya pencegahan, dimana upaya pencegahan juga efisien dalam hal memberantas korupsi.


"Kita berupaya mengedepankan pencegahan, namun bukan berarti kita tidak melakukan penindakan, disini kita lebih dahulukan sifat pembinaan dan pencegahan tentang bahaya korupsi, kaalau memang masih ada yang melakukan maka itu akan kita tindak tegas," tegas Efendri.


Disamping itu Kejari Efendri juga mengingatkan pengawasan penggunaan Dana Desa. "Penggunaan Dana Desa cukup rentan dengan tindak penyelewengan, maka Kita berharap kepada seluruh Wali Nagari di kabupaten Sijunjung harus sangat hati - hati dalam menggunakan anggaran tersebut dan digunakan dengan tepat sasaran," ujarnya.


Dalam hal inipun Kejari membeberkan program pendataan Aset Negara yang mana Kejaksaan akan membantu pemerintahan dalam menghitung dan menertibkan Aset Negara yang bermasalah.


Perwakilan DPP Badan Peneliti Aset Negara Lembaga Aliansi Indonesia (BPAN - LAI) Cris Gangga mengapresiasi tindakan Kejaksaan Negeri Sijunjung dalam upaya mencegah tindakan korupsi.


"BPAN juga memiliki program yang sama, berupaya melakukan pencegahan terjadinya hal yang berbau korupsi, saya sudah mendatangi Kejaksaan Negri Sijunjung dan saya juga sempat membahas beberapa temuan yang saya dapati," kata Cris.


"Kami juga memintak Kejaksaan mengawasi penggunaan dana Covid-19 di kabupaten Sijunjung, terlebih dana insentif untuk para pekerja kesehatan. Mari sama - sama kita dukung kinerja Kejaksaan Negeri Sijunjung ini, semoga membuahkan hasil yang baik dalam upaya pengoptimalan pencegahan korupsi," harap Cris. (tim)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius