Rakor Bukapalipatar Digelar di Auditorium Gubernuran



SUMBARNET.COM - Rapat Koordinasi Gubernur Sumbar dengan seluruh kepala daerah yang termasuk kawasan Bukapalipatar (Bupati Agam, Walikota Bkt, Walikota Payakumbuh, Bupati 50 Kota, Walikota Pd. Panjang dan Bupati Tanah Datar diadakan pada Senen (15/4) di Auditorium Gubernuran.


Hadir dalam kegiatan tersebut para OPD dgn team penggagas dari IASMA 1 Bkt yg saat ini di ketuai oleh uda Yv Tri Saputra Angkatan 84 Wakil Ketua Bidang 4 Bidang Kerjasama Daerah dan Pusat.


Kegiatan ini mulai diinisiasi oleh  IASMA 1 Landbouw Bukittinggi sejak dikepengurusan yang lama dan sempat terkendala dan sekarang dilanjutkan kembali oleh kepengurusan saat ini.


Inisiasi perencanaan Kawasan Bukapalipatar (Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, Lima Puluh Kota, Padang Panjang dan Tanah Datar) akan bermanfaat utk :


1. Mempercepat pembangunan daerah  Sumatera Barat pada umumnya dan utk Kawasan Bukapalipatar khususnya yg dapat menggunakan dana APBN disamping tentunya dari APBD tingkat I untuk pembangunan infra struktur wilayah dengan bergabung bersama kerjasama tersebut. Sehingga diharapkan penggunaan anggaran akan bisa lebih efisien dan efektif.


2. Sinkronisasi pembangunan antar daerah di Kawasan Bukapalipatar.


3. Memperkuat daya ungkit dari kawasan Bukapalipatar.


4. Membangun kekuatan bersama melalui dukungan modal, SDA dan SDM.


5. Memperkuat posisi tawar dalam negoisiasi usulan pendanaan ke pusat khususnya jika nantinya diusulkan menjadi KSN (Kawasan Strategis Nasional).


Sebagai tindak lanjut dari pertemuan kemaren akan dijadwalkan penandatangan MOU antar kepala daerah yang termasuk kedalam kawasan Bukapalipatar bersama Gubernur Sumbar yang nantinya akan dilanjutkan dengan penyusunan Masterplan untuk Kawasan Bukapalipatar tersebut agar pengelolaan daerah tersebut kedepannya dapat dilakukan secara terintegrasi seperti masalah sampah, saluran air minum, sarana jalan dan lainnya. Dan untuk itu kita dari tim IASMA 1 Bukittinggi berkomitmen untuk terus membantu dan mengawal prosesnya sampai tuntas.


Kegiatan ini tidak akan jalan kalau ada ego sentris masih kuat di kalangan kepala daerah. Karena itu hubungan emosional antara kepala daerah akan sangat penting  supaya kegiatan ini berjalan maksimal. (Gusnia)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius