Anggota DPD RI Alirman Sori Kunjungi Posko Satgas Penanganan Covid-19 Pessel



SUMBARNET.COM - Anggota DPD RI, Alirman Sori meminta kepala daerah menjalin kerjasama lintas daerah untuk pemulihan ekonomi  masyarakat dimasa Pandemi Covid-19. Harapan itu disampaikan Alirman Sori ketika mengunjungi Posko Satgas Penanganan Covid-19 Pesisir Selatan, Rabu (28/4) di gedung PCC.


"Kita mendorong kepala daerah untuk berupaya menjalin kerjasama lintas daerah. Hal ini menjadi penting dan belum dilakukan oleh daerah di Sumbar, termasuk provinsi lainnya. Saya berharap, bagaimana mendorong kerjasama dalam lintas daerah ini dapat dibangun," katanya.


Dia mencontohkan antara Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kabupaten Solok dan Solok Selatan atau daerah lainnya. Menurutnya, potensi masing-masing daerah tersebut sebetulnya bisa digerakkan lebih optimal, kalau kerjasama pada lintas daerah telah terbangun.


"Hal itu perlu menjadi perhatian kita. Dalam kondisi saat ini, bagaimana mendorong  terwujudnya kerjasama lintas daerah, tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada daerah lain yang dikerjasamakan. Kalau saya melihatnya, ada potensi silang yang bisa dilakukan," sebutnya. 


Lebih lanjut menurutnya, kerjasama lintas daerah tersebut sebetulnya memiliki ruang terbuka, tinggal lagi dari political kepala daerah, mau atau tidak untuk melakukan itu.


Dikatakan, Pesisir Selatan sendiri memiliki potensi ikan yang cukup besar dan daerah Solok memiliki potensi sayur-sayuran yang sangat baik pula, dan jika kerjasama lintas daerah sudah terbangun, maka akan sangat saling menguntungkan dari sisi ekonomi bagi kedua daerah.


Dijelaskan, di tengah Pandemi Covid-19, semua sektor memang mengalami kesulitan yang berat, terkecuali di sektor pertanian. Untuk itu, Alirman Sori mendorong pemerintah daerah, bagaimana melakukan percepatan pemulihan ekonomi masyarakat. Salah satu diantaranya juga menggerakan sektor UMKM agar dapat tumbuh lebih baik.


"Jika UMKM bergerak, baik secara tidak langsung maupun langsung, maka akan menopang upaya pemulihan ekonomi daerah. Itu harus dilakukan pemerintah, karena Covid 19 sudah menjadi masalah serius, makanya pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan masyarakat sangat penting," ucapnya.(AdF/hms pessel)


0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius