Buya Zulhardi Latif Terpilih Jadi Ketua PMI Padang



SUMBARNET.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang mengadakan Muskot IX sehubungan dengan telah berakhirnya kepengurusan PMI Kota Padang periode 2016-2021 yang dipimpin oleh Buya Mahyeldi Ansharullah Gubernur Sumatera Barat. Muskot ke IX ini dilaksanakan disalah satu Hotel di Kota Padang, pada Sabtu (03/04/2021).


Muskot yang dilaksanakan sekali 5 tahun ini diikuti antusias oleh Keluarga Besar PMI Kota Padang,  yang terdiri dari utusan PMI Sumbar, Pengurus PMI Kota Padang, utusan PMI Kecamatan se Kota Padang, utusan KSR Unit perguruan tinggi, dan utusan Forum Relawan PMI Kota Padang serta beberapa Dinas terkait Kota Padang. 


Muskot berjalan cukup alot dimana terjadi perdebatan cukup panjang tentang AD ART dan Tartib acara, namun suasana bisa di netralisir oleh pimpinan sidang yang di pimpin oleh Zulhardi Z Latif, SH, MM dan Dodi P Tanjung, SH, sehingga proses Muskot berjalan cukup baik.


Ketua Pelaksana Muskot ke IX PMI Kota Padang Ramli Parna menyatakan bahwa pada kegiatan Muskot ini ada empat agenda utama, yakni menilai laporan pertanggung jawaban pengurus periode 2016-2021, memilih Ketua baru periode 2021-2026, membentuk formatur, dan mengesahkan rancangan pokok pikiran dan program kerja PMI kedepan.


"Dan Alhamdulillah, berkat kebersamaan semua bisa kita laksanakan dengan baik dan lancar, walau terjadi perdebatan pada salah satu sidang pleno namun itu tidak lebih dari sebuah dinamika yang baik sebagai perwujudan demokrasi, dan membuktikan bahwa kader PMI Kota Padang tidak hanya cakap dalam tugas kemanusiaan namun juga memahami pola berorganisasi, " kata Ramli.


Dalam perhelatan tersebut, hanya muncul satu nama calon yakni Zulhardi Z Latif yang menjabat sebagai Wakil Ketua di PMI Kota Padang yang berkebetulan juga anggota DPRD Kota Padang dari Partai Golkar. Dan mendapat dukungannya dari mayoritas peserta Muskot, dan secara aturan apabila calon mendapat dukungan mayoritas dan hanya ada satu calon, maka ditetapkan secara Aklamasi sebagai Ketua Pengurus PMI Kota Padang periode 2021-2026.


Zulhardi yang merupakan kader PMI ini mengatakan dirinya siap untuk memimpin PMI Kota Padang dan siap untuk melakukan yang terbaik bagi PMI kedepan. "Saya adalah relawan dari PMI, karir saya berangkat dari Palang Merah Remaja semasa sekolah dulu, dan berlanjut sampai ke pengurus PMI tingkat kota," kenang Zulhardi.


Dari PMI inilah ia berkembang dan bisa menjadi anggota DPRD Kota Padang, "Selama ini PMI di pimpin oleh pejabat yang di PMI-kan, tapi sekarang PMI dipimpin oleh relawan  PMI yang jadi pejabat, maka tentu sebagai orang pernah jadi relawan saya merasa bertangung jawab dan terpanggil untuk membesarkan PMI," katanya.


Setelah kegiatan Muskot ini, Zulhardi akan berupaya sesegera mungkin membentuk kepengurusan PMI karena di Ramadhan tahun ini banyak kegiatan rutin yang diadakan PMI dan merupakan agenda tahunan. 


Pada kesempatan itu, sekretaris panitia pelaksana Dodi P Tanjung, SH menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini tak lepas dari dukungan pengurus PMI Kota Padang yang saat ini sudah demisioner, dan dibantu oleh Staff markas serta relawan markas PMI Kota Padang, "Saya mewakili ketua pelaksana menyampaikan terimakasih kepada kawan panitia, Staff dan relawan markas, serta bapak Ibu pengurus PMI Kota Padang sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan tetap mengacu kepada Prokes Covid-19," kata Dodi.


"Kita berharap dengan terpilihnya ketua yang baru ini bisa menjadikan PMI Kota Padang semakin baik dan bermanfaat bagi tugas- tugas kemanusiaan khususnya di Kota Padang, dan memang PMI ini harus dipimpin dan diurus oleh orang yang mengerti Tupoksi PMI, harus punya semangat relawan yang kuat serta memahami organisasi PMI, karena PMI tidak sama dengan organisasi lain, dimana pengurus PMI ini memiliki spesialisasi serta kecakapan tentang ke Palang Merahan, dan kita yakin Buya Zulhardi adalah sosok yang tepat untuk memimpin hal tersebut," jelasnya. 


Muskot ke-IX ini juga diikuti sampai selesai oleh pengurus PMI Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Wakil Ketua Aim Zen dan Kepala Markas Hidayatul Irwan. (AdF/DRB)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius