Pengurus KPCBSM Kota Padang Laksanakan Raker Pertama




SUMBARNET.COM - Ketua komunitas peduli cagar budaya sejarah dan museum Kota Padang Genni Putrinda Hendri Septa buka secara resmi kegiatan Rapat Kerja KPCBSM di gedung putih rumah dinas Walikota Padang, pada kamis(22/4).


Sejak mewabahnya pandemi covid-19 Provinsi Sumatera Barat khususnya Kota Padang Pengurus KPCBSM yang di kukuhkan pada tanggal 27 november 2019 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Baru kali ini KPCBSM mengadakan Raker. Itupun setelah pemerintah mengizinkan kegiatan keramaian dengan tetap menjaga protokol kesehatan covid-19.


Rapat kerja ini juga dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang di wakili oleh Kabid Kebudayaan Rinaldi Kasim dan Bapedda yang diwakili oleh Kabid Infrastruktur Raf Indria beserta pengurus KPCBSM.  


Kegiatan Raker ini bertemakan tentang arah kebijakan tata kelola kawasan bersejarah dan bangunan cagar budaya dalam perencanaan pembangunan Kota Padang.


Pada kesempatan ini ketua KPCBSM menyampaikan dalam sambutannya bahwa komunitas peduli cagar budaya sejarah dan museum terlahir setelah adanya kolaborasi antara OPD, kelompok dan individu yang dilatarbelakangi oleh adanya keinginan bersama untuk peduli terhadap kawasan bersejarah dan bangunan cagar budaya yang ada di kota Padang kurang lebih sebanyak 52.


 "Keinginan dan kepedulian bersama teman-teman yang terhimpun dalam KPCBSM  sudah searah dengan kebijakan pemerintah secara Nasional, sebagaimana yang dituangkan dalam undang-undang nomor 11 tahun 2010," kata Genni


"Bahwa cagar budaya adalah kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan perilaku kehidupan yang penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah,ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan untuk kesejahteraan masyarakat," ungkap ketua KPCBSM


Berdasarkan perwujudan ketentuan undang-undang diatas,serta keberadaan kawasan bersejarah dan bangunan cagar budaya di Kota Padang.Tentunya perlu mendapat perhatian bersama sehingga terkelola dengan sebaik-baiknya.


"Dengan demikian kita telah ikut bersama-sama merawat kekayaan budaya dan kelak bisa juga sebagai pengembangan sejarah,ilmu pengetahuan dan kehidupan bermasyarakat dalam bentuk upaya bersama untuk melindungi, mengembangkan dan dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan uma,"ucap Genni


Guna mencapai itu semua,tentunya KPCBSM tidak bisa bergerak dan maju dengan tekat kepedulian bersama saja.Akan tetapi harus bersinergi dengan OPD terkait serta pelaku usaha dan masyarakat di Kota Padang.


Untuk membangun hal tersebut maka kita harus memiliki rasa kesatuan dan persatuan untuk membangun komitmen dan solidaritas yang kuat, sehingga mampu merumuskan rencana kerja yang terstruktur dan hasil yang terukur


Solidaritas pengurus adalah modal utama bagi keberlanjutan suatu organisasi.untuk itu sosok yang bergabung dalam kepengurusan KPCBSM adalah yang betul-betul panggilan jiwanya.Sehingga dapat meluangkan waktu dan memberikan sumbangsih baik berupa ide dan gagasan maupun dalam bentuk sumber daya lainnya.


Seterusnya ketua  KPCBSM  berharap kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan berkenan memaparkan materi tentang program dan kegiatan pengelolaan cagar budaya di kota Padang, dengan demikian sinergitas program dan kolaborasi kegiatan tentang cagar budaya, kawasan bersejarah dan museum di kota Padang.


Selanjutnya Genni juga berharap terkait pengelolaan kawasan bersejarah, seperti Kota Tua kawasan batang arau dan pasa gadang

dengan hal di atas juga masuk dalam rumusan perencanaan Kota Padang secara terencana, terarah dan berkesinambungan dan kita harapkan  saat rapat kerja ini Bappeda bisa memaparkan beberapa materi berhubungan dengan tema kegiatan Raker yang kita angkat ini.


Terakhir ketua KPCBSM membuka secara resmi kegiatan rapat kerja pengurus KPCBSM dengan tema tentang arah kebijakan tata kelola kawasan bersejarah dan bangunan cagar budaya dalam perencanaan pembangunan Kota Padang.(dori)





0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius