Sijunjung Adakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Tahun 2021-2026

 


SUMBARNET.COM - Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Bapppeda mengadakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.


Adapun yang menjadi tema kegiatan tersebut ialah Kabupaten Sijunjung yang Sejahtera, Unggul dan Berbudaya Menuju Masyarakat Madani.


Kegiatan tersebut dibuka Lansung Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir yang mana digelar di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Rabu (7/4).


Turut diikuti Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Sijunjung, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Pimpinan lembaga vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD serta undangan lainnya.


Dalam arahannya Bupati Sijunjung mengucapkan ucapan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada hadirin sekalian atas kehadiriannya untuk bersama-sama mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif lainnya guna perumusan dan penyusunan RPJMD untuk lima tahun kedepan sesuai dengan Visi dan Misi.


Forum konsultasi publik ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal, dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun ke depan,"Terangnya".


"Untuk itu pada kesempatan yang sangat baik ini, kami minta kepada seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang saat ini hadir pada forum konsultasi publik ini, untuk dapat memberikan masukan-masukan positif dan konstruktif"


Dalam kerangka penyusunan RPJMD Kabupaten Sijunjung Tahun 2021-2026, ia minta ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita semua Diantaranya seluruh Perangkat Daerah agar dapat menjabarkan visi dan misi Kabupaten Sijunjung dengan sebaik-baiknya, dengan cara menyusun sasaran SKPD, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur dan tersedia datanya yang relevan dan terkait langsung dengan pencapaian visi misi, serta dalam rangka penyelesaian permasalahan daerah, seperti kemiskinan, rendahnya IPM, pertumbuhan ekonomi, dan permasalahan lainnya,"Tegasnya". 


"Selain itu adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program benar-benar dilakukan. Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada manfaat untuk rakyat dan berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan. Jangan hanya konsep pemerataan pendanaan semua tugas dan fungsi kelembagaan di SKPD"


Selanjutnya rasionalisasi program kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi rakyat untuk benar-benar dilakukan dan simultan dengan penyusunan RPJMD, di masing-masing SKPD juga berproses untuk penyusunan Renstra SKPD mengacu pada Rancangan PJMD,"Tambahnya".


 Ia berharap proses konsultasi publik dan proses lain dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Sijunjung Tahun 2021-2026 bisa berjalan dengan baik dan lancar,  Sehingga target untuk menyusun menetapkan RPJMD paling lambat 6 (enam) bulan sejak pelantikan akan dapat tercapai.


Ketua Panitia Yuni Elviza diwakili Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Harry Oscar Hidayat mengatakan adapun yang menjadi tujuan kegiatan tersebut untuk memperoleh masukan dan saran dalam penyempurnaan  peranncangan awal RPJMD Sijunjung tahun 2021- 2026.


Adapun hasil kita harapkan dari kegiatan tersebut diantaranya masukan dari peserta untuk menyempurnakan rancangan awal RPJMD Sijunjung Tahun 2021-2026


"Selain itu untuk menyepakati tujuan, sasaran, stragrgi pembangun Daerah dalam rancangan awal RPJMD Sijunjung 2021-2026," tutupnya. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius