Ternak Ayam Kate Simbar, Junaidi Hasilkan Jutaan Rupiah Tiap Bulan

 


SUMBARNET.COM - Ayam Kate atau ayam katai dalam bahasa Inggrisnya acap disebut sebagai Ayam Bantam sebab asal mula ayam ini berasal dari Banten. Dan tak jarang jenis ayam ini sering dijadikan sebagai salah satu ayam hias yang banyak dibudidayakan oleh para kolektor. Meskipun ayam ini tidak cocok jika dijadikan sebagai ayam petelur maupun ayam pedaging, namun jenis ayam ini cukup cocok jika digunakan sebagai ayam hias.


Berawal dari hobi memelihara ayam Kate Simbar, Junaidi Datuk Mangkudum, owner Asa Farm yang beralamat di perumahan Nuansa griya Blok C No.10 kampung Jua Lubuk Bagalung, menghasilkan pendapatan menggiurkan. Ia mengaku satu bulannya bisa mendapatkan penghasilan Jutaan dari ayam hias yang satu ini.


"Pendapatan dari beternak ayam kate ini mencapai Jutaan dari penjualan ayam anakan, remaja, dan indukan," ujarnya kepada Harian Umum Rakyat Sumbar Namun, menurutnya, harga tersebut dapat berubah, tergantung kualitas ayam Kate Simbar yang dijual.


Saat ini, dari pendapatannya tersebut, sebagian hasilnya ditabung. Sedangkan sebagian lainnya ia belikan pakan dan ayam kate Simbar untuk dijadikan indukan.


Junaidi yang akrab di panggil Datuak menceritakan, awalnya ia kesulitan memelihara ayam Kate Simbar karena telur yang tidak menetas dan beberapa induk yang mati. Seiring waktu, sejak ia beternak dari tahun 2019, ia sudah tahu bagaimana cara beternak ayam Kate Sumbar yang merupakan jenis ayam kate yang berbulu lebat  sampai ke kakinya. 


Kecintaannya pada ayam kate Simbar merupakan ketidaksengajaan saat menjelajah dunia maya. Ia mencari ayam hias melalui alat pencari otomatis, yakni Google. Kemudian, menemukan situs web ayam Kate Simbar yang membuatnya jatuh cinta hingga saat ini. "Ayam kate simbar  itu sangat unik,ekornya yang menjulang keatas dan kakinya ditumbuhi bulu yang lebat  inilah yang membuat saya menyenanginya," jelasnya.


Selain itu, menurutnya, karena ayam tersebut, ia bisa memiliki banyak teman dari berbagai kota sehingga ia memiliki banyak relasi dari berbagai latar belakang yang berbeda dan sekaligus di percaya sebagai Ketua Komunitas Pesona Ayam Hias Minangkabau.


Ayam Kate Simbar memiliki postur  tubuh yang berbeda dari jenis ayam lainnya. Jenis ayam ini memiliki tubuh yang mungil dan unik. Ayam ini merupakan jenis ayam yang jinak dan manja dengan pemiliknya


Peminat ayam kate ini cukup banyak. Terutama jenis kate simbar yang sangat laku di pasaran. Jangan salah, harga ayam kate tak berbanding lurus dengan ukurannya yang mungil. Lebih tinggi dari ayam normal. Tapi itu bukan persoalan serius dibanding nikmatnya memandangi corak warna yang indah, postur tubuh dan gerakan si kate yang kalem dan menghibur.


Bisnis peternakan ayam memang terbilang menggiurkan saat ini. Terutama untuk ayam hias atau peliharaan yang kini memiliki prospek bagus. Hobi atau kegemaran masyarakat untuk memilihara ayam hias memang kian meningkat.


Banyak orang yang rela merogoh koceng tinggi untuk sekedar hobi. Begitupun untuk peluang usaha budidaya ayam kate yang kini tengah bersinar. 


Usaha budidaya ayam kate memang bisa dibilang menguntungkan. Budidaya ayam kate memiliki peluang yang masih terbuka lebar dan bisa dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan.


 Beternak ayam kate memang menjadi pilihan yang tepat dengan alasan dijual dengan harga tinggi sebagai ayam hias, dapat dikonsumsi sendiri atau pun dijual, juga biaya perawatannya pun jauh lebih murah. Beternak ayam hias terutama ayam kate memang keuntungan lebih cepat didapatkan. 


Tampilan ayam kate yang cantik dan cenderung lucu dan menggemaskan membuatnya laku keras di pasaran. Tampilan ayam kate sekilas tak jauh berbeda dengan ayam kampung namun ukuran tubuhnya lebih kecil.


 Prospek bisnis budidaya ayam kate belakangan ini memang tengah bersinar. Harga jual ayam kate bernilai tinggi membuat bisnis ini kian menjanjikan. Mungkin Anda berminat menjalankan bisnis budidaya ayam kate! Untuk memulai bisnis budidaya ayam kate dibutuhkan beberapa persiapan. Anda harus tahu dan mendalami karakteristik dari ayam kate sendiri. Selanjutnya budidaya ayama kate juga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. (rel)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius