Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir Terima Kedatangan Direktur Penyelarasan Rencana dan Program Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal



SUMBARNET.COM - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP. M.Si  menerima kedatangan Direktur Penyelarasan Rencana dan Program Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Direktorat Jendral Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendesa PDT dan Transmigrasi, Rafdinal ,S.Sos, M.TP diruang kerjanya, pada Kamis 27 Mei 2021. 


Direktur Rafdinal memaparkan program kerja Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi yang terkait langsung dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa/Nagari sesuai dengan prioritas penggunaan Dana Desa dan kewenangan nagari.


Termasuk juga menitipkan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) P3MD yang merupakan bagian dan perpanjangan tangan Kemendesa PDT dan Transmigrasi di Kab/Kota penerima Dana Desa.


Pengembangan Badan Usaha Milik Nagari (BumnaG) yang akan menjadi motor penggerak peningkatan perekonomian masyarakat di Nagari serta berbagai program kegiatan yang bisa di sinergikan dgn pembangunan daerah. 


Menanggapi hal tersebut, Bupati Sijunjung Benny Dwifa menyambut baik kunjungan pejabat eselon II Kemendesa PDT dan Transmigrasi itu serta juga memaparkan rencana pembangunan daerah Kabupaten Sijunjung kedepannya serta menerangkan program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung di sektor Pertanian, Pariwisata dan lain sebagainya.


"Di Kabupaten Sijunjung kondisi tanahnya subur, hal ini di coba petani dg budidaya tanaman Padi, Bawang dan tanaman Palawija lainnya. Untuk hasil tanaman Padi Kabupaten Sijunjung sudah mengalami surplus produksi, hal ini terbukti dengan kenyataan bahwa banyak petani yang menjual Padi maupun beras ke pembeli bahkan dari luar Kabupaten Sijunjung sendiri," kata bupati.


Untuk tanaman Bawang petani di daerah Kecamatan Kupitan sudah mencoba budidaya tanaman bawang bahkan hasil bawangnya sendiri lebih besar-besar dari pada tanaman bawang di daerah lainnya.


"Jadi tinggal mengelola hasil pertanian tersebut untuk mendapatkan pasar yang baik dengan harga yang bagus, supaya terhindar dari para tengkulak yang menekan harga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi,"ujar bupati


"Pada sektor pariwisata lanjut bupati, Kabupaten Sijunjung punya Geopark Nasional "Silokek" dengan didukung oleh destinasi-destinasi wisata lainnya di Nagari. Kedepannya juga akan di maksimalkan peran dan fungsi Badan Usaha Milik Nagari (BumnaG) dan akan di upayakan pembentukan Badan Usaha Bersama Milik Nagari (BumanaG) di wilayah-wilayah Kecematan maupun gabungan Kecamatan,"terang Bupati Benny Dwifa.


Dalam acara ini Bupati Sijunjung juga di dampingi oleh Setdakab Sijunjung, Zefnihan, AP.M.Si, Kadis Dpmn Sijunjung Khamsiardi, SSTP.M.Si & TA P3MD Sijunjung. Direktur juga di dampingi oleh Tenaga Ahli Madya KPW2 Sumatera Barat. Semoga hasil pertemuan ini dapat lebih meningkatkan hasil pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Nagari/Desa. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius