Hari Jadi APEKSI ke 21, Padang Tuan Rumah Rakernas 2022



SUMBARNET.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa hadir dalam acara puncak Peringatan hari jadi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-21, di Hotel Fairmont Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2025).


Mengusung tema APEKSInergi, di usia ke-21 tahun APEKSI memperkuat terobosan kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak dalam memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.


Kegiatan yang diikuti oleh Wali Kota se-Indonesia itu dibuka langsung oleh Direktur Jendral Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik. 


"Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan selamat HUT APEKSI ke-21 tahun. Semoga dengan perayaan HUT ini kolaborasi dan sinergi dari pemerintah kota seluruh Indonesia dengan berbagai pihak semakin meningkat, demi mensejahterakan masyarakat," ucap Hendri Septa.  


Wako Hendri mengungkapkan, pada tahun 2022 Kota Padang dipercaya menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI ke-XV. Untuk itu dukungan dan kerja sama dari seluruh anggota APEKSI dari 98 kota se-Indonesia sangat dibutuhkan. 


"Kita sangat bersyukur bisa bertemu dan bersilaturrahim dengan seluruh anggota APEKSI hari ini. Hal ini akan memperkuat sinergi kita dengan berbagai kota di Indonesia demi suksesnya Rakernas nanti," ujar Wako.


Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya mengatakan, peranan APEKSI dalam membantu pemerintah kota se-Indonesia akan terus ditingkatkan. Pada zaman digital, APEKSI akan fokus membangun jaringan perkotaan. 


"Alhamdulillah pada HUT APEKSI ke-21 ini kita akan launching peluncuran dashboard data kota se- Indonesia. Semoga akan membantu dalam pengembangan kota," ucap Bima yang juga Wali Kota Bogor itu.


Selanjutnya, Bima Arya  juga menyampaikan rasa bangga dengan adanya silahturahim antara sesama anggota APEKSI.


"Kebersamaan dalam keragaman sangat indah dan perlu kita hargai bersama. Pemerintah, komunitas, kampus dan bisnis perlu disinergikan membangun APEKSI ke depan," ucapnya.


Sementara itu, Direktur Jendral Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik dalam sambutannya mengatakan,

Pemerintah daerah adalah eksekusi utama dalam melaksanakan  pemerintahan di daerah, sebab itu sinergi dan komunikasi dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan di daerah harus terlaksana dengan baik.


"Langkah-langkah positif Apeksi dibawah Ketua Bima Arya sangat kita dukung dan kita berikan apresiasi untuk kemajuan APEKSI ke depan. Kementerian Dalam Negeri siap mendukung dan menjadi mitra strategis APEKSI," ungkap Dirjen Otda.


Dirjen Otda juga mengajak para Kepala Daerah untuk berupaya menuntaskan penyederhanaan birokrasi di daerah sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo. Para kepala daerah harus memahami penyederhanaan stuktur yang lebih efektif, efisien, dan profesional, guna pelayanan publik yang lebih baik.


"Sesuai amanat Bapak Presiden, penyederhanaan jabatan struktural ke fungsional ini tak boleh merugikan ASN. Penyederhanaan birokrasi dilakukan semata-mata agar ASN terpacu untuk berinovasi dan berkompetisi dan masyarakat mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat," pungkasnya.


Hadir mendampingi Wako, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala BPKAD Budi Payan, Plt Kepala Dinas Pariwisata Arfian, Kabag Tata Pemerintahan Ances Kurniawan, Kabag Umum Boby Firman, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis dan Kasubag Otonomi Daerah Bagian Tata Pemerintahan Ichsandria Erdinal. (AdF/Mul/AR/Prokompim Pdg).

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius