Kabupaten Sijunjung Juara 2 Anugerah Pesona Indonesia 2020



SUMBARNET.COM - Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang digelar pada Kamis (20/5/2021) di Inaya Bay Komodo – Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur adalah moment yang membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Sijunjung, betapa tidak karena dalam kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Sijunjung memperoleh Peringkat ke-2.


Peringkat ke-2 ini didapatkan oleh Panjat Tebing Silokek untuk kategori Wisata Olah Raga dan Petualangan.


Anugerah Pesona Indonesia adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kepada Pemerintah Daerah yang selalu aktif dan konsisten dalam mendukung pengembangan pariwisata di daerahnya.


Yang menjadi kekhususan dari penghargaan ini bahwa penilaian semata-mata berdasarkan pilihan dari masyarakat luas melalui voting baik melalui SMS maupun melalui media sosial pada jangka waktu yang sudah ditentukan.


Anugerah Pesona Indonesia ini diserahkan oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf dan diterima oleh Afrineldi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga mewakili Pemerintah Kabupaten Sijunjung.


Panjat Tebing Silokek sendiri berada pada kawasan Geopark Ranah Minang Silokek yang merupakan salah satu Geopark Nasional dan sudah dikelola sebagai obyek wisata. Selain menjadi tujuan wisata Geopark Silokek  ini juga menjadi tujuan riset di bidang Geologi, Biologi maupun Sosiocultural dari banyak peneliti, lembaga dan perguruan tinggi baik nasional maupun internasional.


“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama yang solid selama ini untuk memberikan yang terbaik dalam pengelolaan Geopark Silokek, bukan hanya pemerintah tetapi juga Masyarakat Pelaku Pariwisata (MASATA), Kelompok Sadar Wisata, dan tentunya juga Badan Pengelola Geopark yang melalui Geopark Information Center sudah sangat aktif dalam kegiatannya” demikian Afrineldi memberikan keterangan memalui telephone.


Bagi masyarakat Sijunjung anugerah ini tentu juga memberikan kesan tersendiri, dimana salah satu obyek yang berada dalam Kawasan Geopark Silokek ini telah menorehkan prestasi dan penghargaan dari masyarakat Indonesia. Geopark kebanggaan masyarakat Sijunjung ini sangat diharapkan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi baik tingkat nasional maupun internasional. (Danus/PujiB-Kominfo)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius