Kapolres Pessel Ingatkan Walinagari Himbau Warganya Larang Odong - Odong

  


SUMBARNET.COM - Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.iK,M.M mengingatkan kepada seluruh Walinagari di Kabupaten Pesisir Selatan untuk mensosialisasikan tentang larangan pemakaian kendaraan odong - odong.


Odong - odong motor dilarang beroperasi di jalan kota, Sri Wibowo berdasarkan Undang - Undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dalam aturan tersebut itu menyatakan odong - odong termasuk dalam kategori kendaraan bermotor yang tidak memenemuhi teknis untuk laik jalan.


"Keberadaan bermotor odong - odong bisa membahayakan bagi penumpang, apalagi jika menimbulkan korban disebabkan karena kecelakaan," tegas Kapolres Pessel pada Pos Metro, Senin (17/5/2021).


Untuk itu dengan larangan sesuai Undang - Undang Nomor 22 Tahun 2009 bermotor odong - odong masih juga digunakan dijalan raya, maka sangksi tegas penilangan barang - bukti kendaraan hingga sangksi kurungan. 


Maka, kita menghimbau pada pemilik kendaraan bermotor odong - odong juga masyarakat agar mematuhi aturan yang ada.


"Walinagari bisa ikut mensosialisasikan hal tersebut pada warganya, tentang larangan penggunaan kendaraan bermotor odong - odong," ajak Sri Wibowo.


Menurut Kapolres Pessel itu, odong - odong hanya boleh berjalan di tempat - tempat wisata. Hal ini untuk menghindari kecelakaan. Odong - odong atau kereta mini, sebenarnya kendaraan wisata. Kendaraan itu tidak boleh beroperasi di jalan raya karena berbahaya.


Sekali lagi sangksi tegas kita persiapkan jika pemiliki kendaraan bermotor odong - odong tetap bandel. Karena, data yang ada keberadaan odong - odong banyak di nagari - nagari. (gl)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius